SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Bolavoli Menggunakan Metode Bermain Untuk Siswa Kelas VI SD Negeri Polowijen 02 Kecamatan Blimbing Kota Malang

Farizal Fetrianto

Abstrak


ABSTRAK

Fetrianto, Farizal. 2014. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Bolavoli Menggunakan Metode Bermain Untuk Siswa Kelas VI SD Negeri Polowijen 02 Kecamatan Blimbing Kota Malang”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M.E. Winarno, M.Pd, (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata Kunci: Passing bawah, Metode bermain

Permainan Bolavoli adalahsuatu permainan yang dimainkan oleh dua tim dalam satu lapangan di mana setiap tim terdiri dari enam orang dan terpisah oleh net.Salah satu teknik dasar yang sering digunakan adalah passing bawah. Dari hasil observasi awal didapatkan persentase tingkat keberhasilan siswa pada sub variabel sikap kakisebesar 44,4%; variabelsikap badan sebesar 57,8%; variabelsikap tangan sebesar 50%; dan variabel perkenaan bola sebesar58,9%. Data tersebut menunjukkan bahwa siswa belum memenuhi Standar Kompetensi Minimum (SKM). Oleh karena itu, diperlukan suatu alternatif pemecahan, salah satunya dengan menggunakan metode bermain di dalam pembelajaran passing  bawah bolavoli.

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan passing bawah bolavoli dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di kelas VI SD Negeri Polowijen 02 Kecamatan Blimbing Kota Malang dengan menggunakan metode bermain.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriftif kulitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapyaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas VI SD Negeri Polowijen 02 Kecamatan BlimbingKota Malang.

Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan siswa dalam melakukan passing bawah setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metodebermain. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus, yaitu tiga pertemuan disiklus 1 dan satu pertemuan disiklus 2. Tingkat keberhasilan siswa pada siklus 1 pertemuan 1, pertemuan 2, dan pertemuan 3 yaitu 66,4%; 79,8%;90% dan pada siklus 2 sebanyak 90,3%.

Hesimpulannya adalah dengan penggunaan metode bermain dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan passing bawah siswa kelas VI SD Negeri Polowijen 02 Kecamatan BlimbingKota Malang. Sarannya yaitu: (1) bagi peneliti lain, agar memiliki kepekaan terhadap masalah-masalah yang dapat menjadikan siswa tidak senang dengan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. (2) bagi guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SD Negeri Polowijen 02 Kecamatan BlimbingKota Malang, diharapkan agar lebih kreatif dalam melakukan pembelajaran terhadap siswa sehingga siswa lebih antusias dan tertarik setiap mengikuti pembelajaran yang dilakukan.