SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Variasi Gerak Dasar Kedalam Modifikasi Atletik Menggunakan Metode Bermain di Kelas V SDN 5 Kademangan Kabupaten Blitar

Dian Andika Rahmawan

Abstrak


ABSTRAK

Rahmawan, Dian Andika. 2013. Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran

Variasi Gerak Dasar Ke Dalam Modifikasi Atletik Menggunakan Metode

Bermain di Kelas V SDN 5 Kademangan Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan,

Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mu’arifin, M.Pd, (II).

Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd ,M.Pd.

 

Kata Kunci: Variasi Gerak dasar, pembelajaran atletik, bermain.

Variasi Gerak dasar adalah “Suatu pembelajaran atletik yang di dalam

mempelajari gerak dasar dengan variasi-variasi pembelajaranya, yaitu meliputi

jalan, lari, lompat/loncat dan lempar. Berdasarkan observasi awal, diperoleh hasil

bahwa penguasaan keterampilan variasi gerak dasar siswa kelas V SDN 5

Kademangan Kabupaten Blitar, ternyatakesalahan pada pembelajaran yang

diajarkanhanyagerak dasar lari saja, hingga pembelajaran yang lain belum di

ajarkan.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas hasil pembelajaran

variasi gerak dasar dengan metode bermain untuk kelas V semester ganjil SDN

Kademangan yang diharapkan siswa lebih meningkat hasil belajarnya ketika

diajarkan variasi gerak dasar. Rancangan penelitian yang digunakan dalam

penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan kelas

ini dilakukan melalui dua siklus di mana tiap siklus terdiri dari 4 tahapyaitu: (1)

perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian

ini adalah siswa kelas V SDN 5 Kademangan Kabupaten Blitar. Teknik

pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi

(pengamatan), catatan lapangan, dan tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan variasi gerak dasar siswa

kelas V SDN 5 Kademangan Kabupaten Blitar mengalami peningkatan.Hal ini bisa

dilihat dari persentase keberhasilan siswa dalam melakukan keterampilan variasi

gerak dasar setelah diberi tindakan pada siklus 2 pertemuan ke 3 dengan persentase

benar dalam 25 anak. Hasil dalam indikator yang dinilai adalah jalan-sprint dengan

persentase100%, jalan-lompat-sprint dengan persentase 92%, lempar-sprint dengan

 persentase 78% dan yang terakhir jalan-lempar-sprint dengan persentase 78%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran gerak dasar

lari dengan pendekatan bermain dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar lari

pada siswa kelas V SDN 5 Kademangan  Kabupaten Blitar.