SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Pembelajaran Dribble dan Passing Sepakbola dengan Menggunakan Media Audio Visual E-Book pada Siswa Kelas X TKR 2 di SMK Negeri 11 Malang.

Gendik Ary Susandhi

Abstrak


ABSTRAK

Susandhi, Gendik, Ary. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Dribble dan Passing Sepakbola dengan Menggunakan Media Audio Visual E-Book pada Siswa Kelas X TKR 2 di SMK Negeri 11 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mulyani Surendra, M.S, (2) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Pembelajaran Dribble dan Passing, Media Audio Visual E-Book

Pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SMK negeri 11 Malang kurang maksimal khususnya saat materi sepakbola. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat dan keaktifan siswa dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Pada penelitian awal, peneliti melakukan penelitian awal dengan melakukan wawancara kepada Drs. Condro Setiawan selaku guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SMK Negeri 11 Malang. Selanjutnya peneliti melakukan analisis kebutuhan berupa kuesioner yang diberikan kepada 30 siswa di SMK negeri 11 Malang. Dari hasil analisis kebutuhan diperoleh hasil 96,67 siswa menyatakan bahwa pembelajaran dribble dan passing perlu diberikan pada saat pembelajaran sepakbola, dan 73,34% siswa menyatakan bahwa pembelajaran dribble dan passing sepakbola perlu dikembangkan menggunakan media audio visual.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran dribble dan passing sepakbola dengan menggunakan media audio visual dengan harapan dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru. Serta siswa lebih mudah mempraktikkan teknik dribble dan passing sepakbola. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (research and development).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg dan Gall. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif berupa persentase, yang digunakan untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli, ujicoba kelompok kecil dan kelompok besar. Terdapat 4 spesifikasi permainan dribble dan passing sepakbola yang dikemas dalam bentuk media audio visual e-book.

Hasil justifikasi dari dosen ahli pembelajaran diperoleh persentase sebesar 75-81,25%, sedangkan hasil justifikasi dari dosen ahli media diperoleh persentase sebesar 70-80%. Hasil ujicoba tahap I (kelompok kecil) dengan jumlah 10 siswa, diperoleh persentase dengan rata-rata 88,1%. Dari ujicoba tahap II (kelompok besar) dengan jumlah 30 siswa, diperoleh persentase dengan rata-rata 88,3%. Berdasarkan hasil ujicoba kelompok kecil dan kelompok besar dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran dribble dan passing sepakbola menggunakan media audio visual e-book ini, memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan pada pembelajaran sepakbola di SMK Negeri 11 Malang.1