SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN VARIASI MODEL LATIHAN TEKNIK RENANG GAYA BEBAS UNTUK KELAS PEMULA DI PERKUMPULAN RENANG TAMAN HARAPAN KOTA MALANG

Rico Mahendra Dinata

Abstrak


ABSTRAK

Dinata, Rico Mahendra. 2014. Pengembangan Variasi Model Latihan Teknik Renang Gaya Bebas Untuk Kelas Pemula Di Perkumpulan Renang Taman Harapan Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Nurrochmah, M.Kes. (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: variasi, model latihan, renang gaya bebas, kelas pemula

Hasil observasi awal dan pemberian angket kepada pelatih renang dan olahragawan renang pemula Perkumpulan Renang Taman Harapan Kota Malang pada tanggal 22 januari 2014, terungkap bahwa model latihan renang gaya bebas yang dilakukan belum bervariasi. 17 (85%) dari 20 olahragawan renang pemula menyatakan kesulitan dalam renang gaya bebas, dan menyebutkan kesulitannya dalam hal pengambilan nafas, gerakan lengan dan kaki. 18 (90%) dari 20 olahragawan renang pemula menyatakan sangat menginginkan variasi model latihan renang gaya bebas.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan variasi model latihan teknik renang gaya bebas di Perkumpulan Renang Taman Harapan agar dapat meningkatkan keterampilan renang gaya bebas maupun prestasi bagi Perkumpulan Renang Taman Harapan Kota Malang.

Model penelitian dan pengembangan yang digunakan berupa model prosedural. Sejalan dengan model yang digunakan, maka langkah penelitian dan pengembangan merujuk pada model pengembangan research and development Borg and Gall (1983: 774-775). Dari sepuluh langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall, peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah yang meliputi: (1) pengumpulan informasi, (2) rancangan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) uji coba tahap I, (5) revisi uji coba 1,  (6) uji coba tahap II, (7) revisi produk akhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif berupa persentase.

Variasi model latihan renang gaya bebas yang dirancang dan dikembangkan melalui saran dan evaluasi dari para ahli kepelatihan renang, ahli pembelajaran renang, dan ahli media. Berikut merupakan bagian yang direvisi berdasarkan saran dan evaluasi dari para ahli: (1) Sesekali renang dengan menggunakan bantuan tangan dari pelatih, (2) Pada saat melakukan latihan koordinasi kaki, lengan dan bernafas kaki seharusnya di kaitkan ke besi, (3) Untuk latihan gerakan lengan didarat lebih baik badan membungkuk,

Secara keseluruhan para ahli menyetujui produk yang dikembangkan layak digunakan untuk olahragawan renang pemula di Perkumpulan Renang Taman Harapan Kota Malang. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil adalah 85,15% hasilnya cukup valid, sedangkan uji coba kelompok besar adalah 88,43% hasilnya sangat valid, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Variasi Model Latihan Teknik Renang Gaya Bebas Untuk Kelas Pemula Di Perkumpulan Renang Taman Harapan Kota Malang dalam bentuk buku panduan ini layak digunakan.