SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan variasi latihan dribble dan control untuk kelompok umur 11-12 tahun dalam permainan sepakbola di SSB Angkasa Kaweron

Yahya Bela Putra

Abstrak


ABSTRAK

Putra, Yahya, Bela. 2014. Pengembangan variasi latihan dribble dan control untuk kelompok umur 11-12 tahun dalam permainan sepakbola di SSB Angkasa Kaweron. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eko Hariyanto M. Pd, (2) Usman Wahyudi, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: penelitian pengembangan, latihan sepakbola, variasi latihan dribble dan control.

Sepakbola merupakan suatu cabang olahraga beregu yang berangotakan 11 pemain termasuk 1 orang sebagai kiper. Teknik dasar sepakbola harus dikuasai oleh pemain sepakbola, selain teknik dasar sepakbola tersebut, seorang pemain sepakbola harus memiliki suatu strategi dalam pertandingan, strategi tersebut tidak hanya menyerang tetapi juga bertahan. Akan tetapi, strategi menyerang ini kurang mendapatkan perhatian dalam latihan. Di SSB Angkasa Kaweron Kabupaten Blitar, variasi latihan dribble dan control memang sudah ada, hal ini diketahui oleh peneliti pada saat melaksanakan observasi dan wawancara di SSB Angkasa Kaweron Kabupaten Blitar, akan tetapi  variasi latihan dribble dan control yang diberikan pada pemain kurang bervariatif (monoton). Hal ini membuat pemain merasa bosan dengan variasi latihan dribble dan control tersebut. Dengan melakukan penelitian awal yang menggunakan analisis kebutuhan pemain dan pelatih, peneliti dapat menyimpulkan bahwa di SSB Angkasa Kaweron Kabupaten Blitar perlu adanya pengembangan variasi latihan dribble dan control.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan variasi latihan dribble dan control yang bervariatif, sehingga diharapkan dapat meningkatkan semangat untuk berlatih dan menjadi tambahan variasi latihan dribble dan control  di SSB Angkasa Kaweron Kabupaten Blitar.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg and Gall. Dari sepuluh langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall, peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah saja, (1) pengumpulan informasi,  (2) rancangan produk awal, (3) evaluasi ahli,(4) revisi I, (5) uji coba tahap I, (6) revisi II dan uji coba tahap II, (7) revisi dan produk akhir. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner, (8) produk dikemas dengan dominan warna hijau.     Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil  adalah 88.54 % hasilnya valid, sedangkan uji coba kelompok besar adalah 89,08 % hasilnya adalah valid, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variasi latihan tersebut dapat diterapkan di SSB Angkasa Kaweron Kabupaten Blitar.

Hasil produk pengembangan variasi latihan dribble dan control di SSB Angkasa Kaweron adalah Variasi latihan dalam video sesuai dengan pemain umur 11-12 tahun di SSB Angkasa Kaweron Kabupaten Blitar. Variasi latihan lebih menarik dan menyenangkan.