SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Peregangan Dinamis (Dynamic Stretching) terhadap Kemampuan Daya Ledak Otot Pemain Persatuan Sepakbola Universitas Negeri Malang

AANG GHUNAIFI

Abstrak


ABSTRAK

Ghunaifi, Aang. 2014. Pengaruh Peregangan Dinamis (Dynamic Stretching) terhadap Kemampuan Daya Ledak Otot Pemain Persatuan Sepakbola Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hariyoko, M.Pd, (II) Fahrial Amiq, S.Or, M.Pd

 

Kata kunci: eksperimen, peregangan dinamis (dynamic stretching), daya ledak otot.

Sepakbola adalah permainan bola besar yang dimainkan secara beregu. Dalam satu regu berjumlah sebelas orang. Sepakbola dimainkan di lapangan rumput dengan dua gawang, dan pada dua sisi lebarnya dijaga masing-masing oleh seorang penjaga gawang. Kedua regu selain penjaga gawang, saling berebut bola untuk dimasukkan ke dalam gawang lawannya. Karena setiap gerakan di dalam sepakbola dinamis, maka setiap pemain sepakbola butuh kemampuan daya ledak otot untuk memaksimalkan gerakan pemain saat bermain sepakbola.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peregangan dinamis (dynamic stretching) terhadap kemampuan daya ledak otot pemain Persatuan Sepakbola Universitas Negeri Malang. Kemudian metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan sampel penelitian yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada setiap kelompok terdiri dari 15 sampel yang dilakukan uji pretest dan posttest.

Hasil data dari penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis varian satu jalur atau one way anova dengan taraf signifikansi 0,05. Dari uji tersebut diperoleh Fhitung  sebesar  0,00 4,20 Ftabel. Perolehan tersebut merujuk pada kesimpulan terdapat pengaruh signifikan antara peregangan dinamis (dynamic stretching) dengan peregangan konvensional terhadap daya ledak otot pemain.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka kedua latihan peregangan dapat digunakan dalam meningkatkan daya ledak otot pemain, namun latihan peregangan dinamis (dynamic stretching) memberikan pengaruh yang lebih baik dalam meningkatkan daya ledak otot pemain Persatuan Sepakbola Universitas Negeri Malang.