SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan Pembelajaran Narkoba Melalui Media Interaktif untuk Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pasuruan

Adityas Fajar Kurniasari

Abstrak


ABSTRAK

Kurniasari, Adityas. Fajar. 2014. Pengembangan Pembelajaran Narkona Melalui Media Interaktif Untuk Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pasuruan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd

 

Kata Kunci: Pembelajaran, Narkoba, Media Interaktif

Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti kepada guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Pasuruan, pembelajaran materi kesehatan masih menggunakan metode ceramah. Penyebaran angket kepada 40 siswa kelas X menyatakan bahwa 87,5% penyampaian materi kesehatan oleh guru tidak menarik, baik guru maupun siswa sangat membutuhkan media pembelajaran untuk mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan khususnya pada materi kesehatan, 85% memilih materi narkoba karena dinilai lebih menarik.

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan pembelajaran narkoba pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan melalui media interaktif pada kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pasuruan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) melakukan analisis kebutuhan, (2) membuat produk awal, (3) justifikasi ahli, (4) revisi produk, (5) uji coba kelompok kecil, (6) revisi produk, (7) uji coba kelompok besar, (8) produk akhir. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase dan analisis kualitatif. Teknik analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket dan teknik data analisis kualitatif diperoleh dari kritik dan saran para ahli. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah pengembangan pembelajaran narkoba melalui media interaktif untuk kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Pasuruan. Pembelajaran narkoba media interaktif ini terdiri dari penjelasan materi tentang narkoba yang disertai gambar, vidio, animasi dan evaluasi. Produk yang dikembangkan berdasarkan dari saran atau masukan para ahli, yang terdiri dari 1 ahli pembelajaran, 1 ahli media dan 1 ahli kesehatan memperoleh hasil yang cukup valid, serta hasil uji coba kelompok kecil dengan jumlah 8 siswa memperoleh hasil sangat valid dan hasil uji coba kelompok besar dengan jumlah 31 siswa memperoleh hasil sangat valid. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan. Mengingat penelitian ini belum diketahui tentang tingkat keefektifannya maka peneliti menyarankan untuk dikaji ulang sebelum disebarluaskan dan di sesuaikan pada situasi dan kondisi yang ada.