SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Mobile Learning Sebagai Sarana Pembelajaran Signal-signal Wasit Futsal Untuk Peserta Ekstrakurikuler Futsal di SMK Se-Kabupaten Blitar

Suharno .

Abstrak


ABSTRAK

Suharno. 2014. Pengembangan Media Mobile Learning Sebagai Sarana Pembelajaran Signal-signal Wasit Futsal Untuk Peserta Ekstrakurikuler di SMK Sekabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes. (II) Febrita Paulina Heynoek, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, signal wasit futsal, mobile learning.

Olahraga  merupakan  kegiatan  yang  dilakukan  untuk  melatih  tubuh seseorang,  futsal  merupakan  salah  satunya.  Futsal  adalah  permainan  yang beranggotakan  5  pemain  disetiap  tim,  dalam  permainan  futsal  terdapat  signal wasit  yang  digunakan  untuk  memberikan  kode  peraturan  yang  digunakan  oleh wasit. Berdasarkan  penyebaran  angket  yang  dilakukan  peneliti  terhadap  peserta ekstrakurikuler  futsal  di  SMK  Se-Kabupaten  Blitar  pada  tanggal  14  Juli  2014 diperoleh hasil 100% peserta ekstrakurikuler ingin mengerti signal wasit futsal.

Penelitian  ini  dilaksanakan  dengan  tujuan  untuk  membuat  media pembelajaran  mobile  learning  tentang  signal  wasit  futsal  untuk  peserta ekstrakurikuler di SMK Se-Kabupaten Blitar  agar dapat menambah pengetahuan tentang signal wasit futsal dan digunakan sebagai sumber belajar dalam kegiatan ekstrakurikuler. Dalam  penelitian  ini,  peneliti  menggunakan  model  pengembangan  dari Borg  and Gall dan disederhanakan menjadi 7  langkah,  langkah-langkah  tersebut adalah:  (1)  Melakukan  Analisis  produk  yang  akan  dikembangkan  (2) Mengembangkan produk awal  (3) Validasi  ahli  (4) Uji coba kelompok kecil  (5) Revisi  produk  (6)  Uji  coba  kelompok  besar  (7)  Revisi  produk  berdasarkan  uji coba  lapangan.  Instrumen  yang  digunakan  adalah  berupa  angket  berisi  tentang rancangan produk yang  telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase.

Buku digital ini dikembangkan melalui saran dan evaluasi para ahli, yaitu ahli kepelatihan futsal, ahli perwasitan futsal dan ahli media pembelajaran. Hasil penelitian  yang diperoleh bahwa pengembangan mobile  learning  tentang  signal- signal  wasit  futsal  di  SMK  Sekabupaten  Blitar  layak  dan  bisa  digunakan  oleh peserta  dan  pelatih  ekstrakurikuler  futsal  di  SMK  Se-Kabupaten  Blitar.  Ahli kepelatihan,  ahli  perwasitan  futsal  serta  ahli  media  pembelajaran  menyatakan produk pengembangan  ini  layak dan menarik untuk diberikan untuk peserta dan pelatih ekstrakurikuler di SMK Se-Kabupaten Blitar. Dari hasil uji coba kelompok kecil  adalah  87%  menyatakan  bahwa  produk  mudah  dipahami,  produk  sangat menarik  dan  peserta  sangat  terbantu  dengan  produk  pengembangan  mobile lerarnig,  hasil  uji  coba  kelompok  besar  adalah  86% menyatakan  bahwa  produk mudah dipahami, sangat menarik dan sangat bermanfaat.

Berdasarkan  hasil  pengembangan  media  pembelajaran  mobile  learning signal wasit futsal  ini dapat dijadikan salah satu alternatif sumber belajar. Selain itu,  produk  pembelajaran  buku  digital  ini  perlu  adanya  inovatif  pelatih ekstrakurikuler ataupun pihak  lain agar proses  latihan  lebih menarik dan variasi, sehingga proses latihan dapat berjalan dengan lancar.