SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Renang Gaya Bebas Menggunakan Gaya Mengajar Inklusi Pada Siswa Kelas X SMKN 4 Malang

WIRA FALS HADI PRANOTO

Abstrak


ABSTRAK

Pranoto,Wira, Fals Hadi. 2014. Pengembangan Pembelajaran Renang Gaya Bebas Menggunakan Gaya Mengajar Inklusi Pada Siswa Kelas X SMKN 4 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd. (2) Febrita Paulina H, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Pembelajaran Renang Gaya Bebas, Gaya Mengajar Inklusi

Mata pelajaran pendidikan jasmani di SMKN 4 Malang masih menggunakan gaya mengajar demonstrasi yaitu gaya mengajar yang masih terpusat pada guru. Dari pembelajaran ini siswa tidak diberi kesempatan untuk berlatih pada tingkat kemampuan mereka sendiri. Untuk itu diperlukan suatu gaya mengajar sesuai dengan keterampilan yang dimiliki siswa. Gaya mengajar inklusi memberikan kesempatan kepada siswa untuk memulai latihan pada tingkat kemampuan sendiri.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan materi pembelajaran renang gaya bebas menggunakan gaya mengajar inklusi untuk siswa kelas X SMKN 4 Malang dengan harapan agar siswa antusias dalam mempelajari materi renang gaya bebas secara mandiri sehingga apabila belajar untuk ranah psikomotor dalam melakukan keterampilan renang gaya bebas ditunjang dengan ranah kognitif berupa pengetahuan tentang pembelajaran renang gaya bebas menggunakan gaya mengajar inklusi, maka hasil dari pembelajaran renang gaya bebas akan lebih maksimal.

Prosedur pengembangan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall dengan memodifikasi dari 10 langkah menjadi 7 langkah, yaitu observasi dan pengumpulan data, mengembangkan produk, evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil, revisi produk awal, uji coba kelompok besar, revisi produk akhir.

Tempat penelitian di SMKN 4 Malang, subjek uji coba terdiri (1) Tinjauan ahli pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, renang, dan media, (2) Uji coba kelompok kecil, (3) Uji coba kelompok besar.

Hasil penelitian pengembangan ini adalah pengembangan pembelajaran renang gaya bebas menggunakan gaya mengajar inklusi pada siswa kelas X SMKN 4 Malang sebagai berikut: ahli pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan yaitu I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Kes memberikan hasil penilaian bahwa produk pengembangan sudah sesuai sehingga dapat digunakan, dari ahli renang yaitu Dynar Putra Hidayatullah, S.Pd memberikan hasil penilaian bahwa produk pengembangan sudah sesuai sehingga dapat digunakan, begitupun dengan ahli media yaitu Darmawan Satyananda, ST, MT memberikan penilaian yang sama, dari uji coba (kelompok kecil) siswa diperoleh persentase 76,96% (baik), dan uji coba (kelompok besar) siswa diperoleh persentase 76,11% (baik).

Pengembangan pembelajaran renang gaya bebas menggunakan gaya mengajar inklusi mudah dilakukan siswa dan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan renang gaya bebas. Produk ini diharapkan dapat dijadikan referensi guru SMKN 4 Malang terkait dalam pembelajaran renang gaya bebas.