SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Renang Gaya Bebas Menggunakan Gaya Mengajar Inklusi Pada Siswa Kelas X SMKN 4 Malang

WIRA FALS HADI PRANOTO

Abstrak


ABSTRAK

Pranoto,Wira, Fals Hadi. 2014. Pengembangan Pembelajaran Renang Gaya Bebas Menggunakan Gaya Mengajar Inklusi Pada Siswa Kelas X SMKN 4 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd. (2) Febrita Paulina H, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Pembelajaran Renang Gaya Bebas, Gaya Mengajar Inklusi

Mata pelajaran pendidikan jasmani di SMKN 4 Malang masih menggunakan gaya mengajar demonstrasi yaitu gaya mengajar yang masih terpusat pada guru. Dari pembelajaran ini siswa tidak diberi kesempatan untuk berlatih pada tingkat kemampuan mereka sendiri. Untuk itu diperlukan suatu gaya mengajar sesuai dengan keterampilan yang dimiliki siswa. Gaya mengajar inklusi memberikan kesempatan kepada siswa untuk memulai latihan pada tingkat kemampuan sendiri.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan materi pembelajaran renang gaya bebas menggunakan gaya mengajar inklusi untuk siswa kelas X SMKN 4 Malang dengan harapan agar siswa antusias dalam mempelajari materi renang gaya bebas secara mandiri sehingga apabila belajar untuk ranah psikomotor dalam melakukan keterampilan renang gaya bebas ditunjang dengan ranah kognitif berupa pengetahuan tentang pembelajaran renang gaya bebas menggunakan gaya mengajar inklusi, maka hasil dari pembelajaran renang gaya bebas akan lebih maksimal.

Prosedur pengembangan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall dengan memodifikasi dari 10 langkah menjadi 7 langkah, yaitu observasi dan pengumpulan data, mengembangkan produk, evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil, revisi produk awal, uji coba kelompok besar, revisi produk akhir.

Tempat penelitian di SMKN 4 Malang, subjek uji coba terdiri (1) Tinjauan ahli pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, renang, dan media, (2) Uji coba kelompok kecil, (3) Uji coba kelompok besar.

Hasil penelitian pengembangan ini adalah pengembangan pembelajaran renang gaya bebas menggunakan gaya mengajar inklusi pada siswa kelas X SMKN 4 Malang sebagai berikut: ahli pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan yaitu I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Kes memberikan hasil penilaian bahwa produk pengembangan sudah sesuai sehingga dapat digunakan, dari ahli renang yaitu Dynar Putra Hidayatullah, S.Pd memberikan hasil penilaian bahwa produk pengembangan sudah sesuai sehingga dapat digunakan, begitupun dengan ahli media yaitu Darmawan Satyananda, ST, MT memberikan penilaian yang sama, dari uji coba (kelompok kecil) siswa diperoleh persentase 76,96% (baik), dan uji coba (kelompok besar) siswa diperoleh persentase 76,11% (baik).

Pengembangan pembelajaran renang gaya bebas menggunakan gaya mengajar inklusi mudah dilakukan siswa dan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan renang gaya bebas. Produk ini diharapkan dapat dijadikan referensi guru SMKN 4 Malang terkait dalam pembelajaran renang gaya bebas.

 

ABSTRAK

Pranoto, Wira, Fals Hadi. 2014. Development of Learning Pool Freestyle Using Inclusion Teaching Style In Class X SMKN 4 Malang. Thesis, Department of Physical Education and Sport Sciences Faculty of Health, State University of Malang. Supervisor (1) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd. (2) Febrita Paulina H, S. Pd, M.Pd.

 

Keywords: Development, Learning Pool Freestyle, Teaching Style Inclusion

Subjects of physical education at SMK 4 Malang still using demonstration teaching style is the style of teaching that is centered on the teacher. From this learning students are not given the opportunity to practice at their own level of ability. It required a teaching style according to the skills of the students. Inclusion teaching style provides the opportunity for students to begin training at their own ability level.

The purpose of this research is to develop learning materials freestyle using inclusion of teaching styles to students of class X SMK 4 Malang with the expectation that students are enthusiastic in learning the material independently freestyle so that when studying for the psychomotor skills in doing freestyle supported by cognitive form of knowledge about learning freestyle using inclusion teaching style, the result of learning freestyle will be maximal.

Procedure development refers to the development model of the Borg and Gall with the modify of 10 steps into 7 steps, namely observation and data collection, develop products, expert evaluation, small group trial, the initial product revision, testing a large group, revision of the final product.

The place of research in SMKN 4 Malang, test subjects comprising (1) Overview of learning experts Physical Education, Sport and Health, swimming, and the media, (2) the trial was small, (3) trial was a large group.

The result of this development research is the development of freestyle swimming lessons using teaching styles inclusion in class X SMK 4 Malang as follows: expert teaching Physical Education, Sports, and Health ie Nengah Sudjana, S. Pd, Kes provide assessment results that the product development is appropriate and can be used, from the pool of experts that Dynar Son Hidayatullah, S.Pd provide assessment results that are in accordance product development so that it can be used, as well as with media experts that Darmawan Satyananda, ST, MT provides the same assessment, of trials (small) percentage of students obtained 76.96% (good), and test (large group) the percentage of students obtained 76.11% (good).

Learning development freestyle using easy inclusion of teaching styles and students can improve students' skills in doing freestyle. This product is expected to be a reference SMKN 4 Malang teachers involved in learning freestyle.