SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Passing dan Control dalam Permainan Sepakbola untuk Usia 11-12 Tahun di SSB Garuda Sakti Kabupaten Blitar

Wahyu Etica Chinderela

Abstrak


ABSTRAK

 

Chinderela, Wahyu Etica. 2014. Pengembangan Model Latihan Passing dan Control dalam Permainan Sepakbola untuk Usia 11-12 Tahun di SSB Garuda Sakti Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd.(II) Usman Wahyudi, S.Pd., M.Pd.

 

Kata kunci: Pengembangan, Model latihan, Passing dan Control, VCD, Sepakbola.

 

Sepakbola merupakan olahraga yang sangat populer di dunia, begitu pula di Indonesia. Didalam sepakbola ada berbagai macam teknik dasar yang perlu dikuasai agar menjadi pemain sepakbola yang hebat, diantaranya teknik dasar passing, control, dribble dan shooting. Berdasarkan observasi dan analisis kebutuhan yang peneliti lakukan di SSB Garuda Sakti menunjukkan bahwa kemampuan passing dan control yang dimiliki siswa SSB Garuda Sakti masih lemah dan 90 % siswa menyatakan bahwa model latihan passing dan control pada permainan sepakbola penting, 80% siswa menyatakan bahwa modellatihan passingdan control di SSBGaruda Sakti perludikembangkan , 100% siswa menyatakan setuju apabila model latihanpassing dan control di SSB Garuda Sakti dikembangkan dan 100% siswa setuju apabila model latihan teknik dasar passing dan control dikembangkan dalam bentuk video.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan model latihan passing dan control dalam permainan sepakbola untuk usia 11-12 tahun di SSB Garuda Sakti kabupaten Blitar.

Pengembangan model latihan passing dan controlini menggunakan  langkah-langkah penelitian dan pengembangan Research & Development (R&D) dari Borg & Gall (1983:775) yang terdiri dari 10 langkah, namun karena keterbatasan waktu, tenaga dan biaya pengembangan pola latihan ini hanyamenggunakan 7 langkah  yaitu: 1). Melakukan penelitian awal, pengumpulan data, informasi termasuk kajian pustaka dan observasi lapangan. 2). Mengembangkan produk awal. 3). Evaluasi ahli. 4). Uji coba produk awal. 5). Revisi produk awal sesuai dengan kegiatan uji coba produk awal.6). Uji coba lapangan. 7). Revisi produk sesuai dengan kegiatan uji coba lapangan.

Berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan dari hasil uji kelompok kecil menyatakan 79,14% dan uji lapangan untuk kelompok besar menyatakan 80,05.Berdasarkan hasil dari uji coba kelompok kecil dan uji kelompok besar dinyatakan produk layak digunakan.

Agar pengembangan model latihan passing dan control ini dapat digunakan pada sasaran yang lebih luas lagi, maka ada beberapa bagian produk yang perlu direvisi. Hal ini dilakukan untuk lebih memaksimalkan VCD model latihan passing dan controlyang dikembangkan.