SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FOREHAND OVERHEAD BULUTANGKIS MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR INKLUSI BERUPA MODUL DI KELAS IX SMP NEGERI 3 TORJUN KABUPATEN SAMPANG

setiyo aditama samepta bhekti

Abstrak


ABSTRAK

Bhekti, Setiyo A.S. 2014. Pengembangan Pembelajaran Forehand Overhead Bulutangkis Menggunakan Gaya Mengajar Inklusi Berupa Modul di Kelas IX SMP Negeri 3 Torjun Kabupaten Sampang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd, (II) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Forehand overhead bulutangkis, gaya mengajar inklusi, Modul

Pembelajaran adalah suatu bentuk kegiatan yang dialakukan oleh guru dalam menyampaikan pesan atau materi kepada siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan kepada seorang guru pendidikan jasmani dan 30 siswa kelas IX SMP Negeri 3 Torjun Sampang diperoleh bahwa terdapat perbedaan kemampuan antar masing-masing siswa. Gaya mengajar inklusi merupakan gaya mengajar yang digagas oleh Muska Mosston dan Sarah Ashworth yang mempunyai karakteristik memberikan tugas yang sama namun dengan tingkatan kesulitan yang berbeda. Gaya mengajar inklusi memberikan kesempatan kepada siswa belajar berdasarkan tingkat kemampuan masing-masing siswa. Modul pendidikam jasmani dan kesehatan ini merupakan salah satu buku ajar yang dapat digunakan baik guru mauun siswa kelas IX SMP Negeri 3 Torjun Kabupaten Sampang untuk membantu proses pembelajaran. Modul ini dikemabangakan sesuai dengan karakteristik pada SMP Negeri 3 Torjun kabupaten Sampang. Dengan adanya modul tersebut siswa dapat aktif mengikuti proses belajar mengajar dan memperoleh pengetahuan dari isi modul.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan pembelajaran forehand overhead menggunakan gaya mengajar inklusi berupa modul pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Torjun Kabupaten Sampang. Diharapkan dalam penelitian, peserta didik dapat menguasai beberapa teknik dasar bulutangkis sebagaimana yang sudah ditentukan dalam SK dan KD kelas IX SMP berdasarkan tingkat kemampuannya.

Penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Torjun Kabupaten Sampang ini termasuk penelitian dan pengembangan. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket.

Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil diperoleh presentase sebesar  100% memilih level awal untuk memulai pembelajaran berdasarkan kemampuanya, terdapat perpindahan level secara keseluruhan 81,2%. Sedangkan kasil uji coba kelompok besar diperoleh hasil 100% siswa memilih level awal untuk memulai pembelajaran berdasarkan kemampuannya, terdapat perpindahan level dari keseluruhan siswa 73,9%.

Penelitian ini menghasilkan modul pembelajaran forehand overhead bulutangkis menggunakan gaya mengajar inklusi dengan pengelompokan siswa menjadi 4 level yang berbeda. Namun modul pembelajaran ini tidak dipakai dalam pembelajaran kelas lain.