SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Dasar Passing Sepakbola Dalam Bentuk Video Untuk Sekolah Sepakbola Presma Indonesia Kabupaten Malang

Ryan Aristya Arifin

Abstrak


ABSTRAK

 

Arifin, Ryan Aristya. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Dasar Passing Sepakbola Dalam Bentuk Video Untuk Sekolah Sepakbola Presma Indonesia Kabupaten Malang. Skripsi, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) I Nengah Sudjana, S.Pd., M.Pd, (2) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd.,M.Pd

 

Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, video

 

Sekolah Sepak bola Presma Indonesia belum memiliki teknik dasar passing yang baik dalam melakukan passing, latihan passing sangat diperlukan oleh pemain Sekolah Sepakbola Presma Indonesia, dengan adanya media pembelajaran berupa video teknik dasar passing sepakbola ini, diharap siswa melakukan kegiatan latihan teknik dasar passing sendiri dirumah. Pertanyaan dalam kuesioner kemudian dikembangkan menjadi pertanyaan tentang kemampuan pemain dalam mengoperasikan komputer. Sebagian besar responden yaitu sebanyak 60% pemain menyatakan diri sudah bisa, 30% pemain menyatakan diri mahir, dan 10% pemain menyatakan diri sedikit bisa mengoperasikan komputer. Untuk kesukaan terhadap media pembelajaran, 13,33% menyukai e-book, 13,33% menyukai multimedia interaktif, 63,33% menyukai video, dan 10% menyukai buku cetak.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video teknik dasar passing dalam sepakbola. Diharapkan hasil pengembangan ini dapat digunakan sebagai bentuk latihan passing untuk olahraga sepakbola khususnya bagi Sekolah Sepakbola Presma Indonesia .

Model pengembangan yang digunakan di dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan (research and development) dari Borg dan Gall (1983:775). Pada penelitian ini sebagian dimodifikasi oleh peneliti menjadi langkah-langkah sebagai berikut: (1) Riset dan pengumpulan data informasi yakni, observasi lapangan, penyebaran kuesioner sampai kajian teoritik, (2) Mengembangkan bentuk produk awal, (3) Evaluasi dari para ahli, yaitu ahli sepakbola dan ahli media, (4) Kegiatan uji coba kelompok kecil yang dilakukan dengan melibatkan 10 subjek, (5) Revisi produk awal berdasarkan evaluasi ahli dan kegiatan uji coba kelompok kecil, (6) Kegiatan uji kelompok besar dengan menggunakan subjek 30 orang, (7) Revisi produk akhir berdasarkan hasil uji lapangan (kelompok besar). (8) Hasil akhir produk pengembangan dari hasil revisi produk akhir.

Dari hasil analisis data validasi produk oleh ahli sepakbola diperoleh rata-rata persentase validitas 87,50%, ahli kepelatihan 88,89%, dan ahli media 75%. Dari hasil uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata presentase90,18% dan kelompok besar 91,37%.

Berdasarkan hasil analisis data ini diperoleh kesimpulan bahwa produk sudah layak secara praktik sebagai salah satu bentuk media pembelajaran. Saran yang diajukan yaitu hendaknya produk dimanfaatkan dapat membantu siswa lebih semangat dan antusias dalam mempelajari teknik dasar passing sepakbola dalam kegiatan latihan.

 

 

 

 

 

 

ABSTRAK

 

Arifin, Ryan Aristya. 2014. Development of Basic Technique Learning Media Football Passing In The Form Of Video To School Football Presma Indonesia Malang. Thesis, Physical Education and Health, Faculty of Sport Science, University of Malang. Advisor: (1) I Nengah Sudjana, S.Pd., Pd, (2) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd

 

Keywords: development, instructional media, video

 

Soccer School Presma Indonesia does not have a good basic technique passing in doing passing, passing exercise is required by School Football players Presma Indonesia, with the learning media in the form of the basic techniques of passing football videos of this, students are expected to conduct basic engineering practice passing yourself at home. Questions in the questionnaire was then developed into a question about the player's ability to operate a computer. Most respondents, 60% of players are able to express themselves, 30% declared themselves proficient players, and 10% declared themselves a bit player can operate a computer. For preference for instructional media, 13.33% like e-books, 13.33% like interactive multimedia, 63.33% like the video, and 10% liked the printed book.

This research aims to develop basic techniques videos passing in football. Expected results of this development can be used as a form of exercise passing to the sport, especially for School Football Presma Indonesia.

Development models used in this study refers to the model of development (research and development) of the Borg and Gall (1983: 775). in this study partially modified by the researcher into the following steps: (1) research and data collection of information, observation, questionnaires to theoretical studies, (2) Develop initial product form, (3) evaluation of the experts, namely football experts and media experts, (4) activity small group trial conducted involving 10 subjects, (5) Revision of initial products based on expert evaluation and testing activities of a small group, (6) a large group of test activities using 30 subjects, (7) Revision of the final product based on the results of the field test (large groups). (8) The final result of the product development of the revised final product.

From the analysis of data validation by expert football products obtained an average percentage of 87.50% validity, expert coaching 88.89%, and 75% of media experts. From the test results of small group gained an average percentage of 90.18% and 91.37% large groups.

Based on the analysis of these data it is concluded that the product is feasible in practice as a form of learning media. Suggestions put forward that the product should be used can help students better spirit and enthusiastic in learning the basic techniques of passing football in training activities.