SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Kearsipan dengan Menggunakan Aplikasi Pengolahan Data Arsip untuk Siswa Kelas XII Program Studi Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Banyuwangi

Dian Suganda

Abstrak


ABSTRAK

Suganda, Dian. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Kearsipan dengan Menggunakan Aplikasi Pengolahan Data Arsip untuk Siswa Kelas XII Program Studi Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Banyuwangi. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. I Nyoman Suputra, M.Si (II) Dr. Hj. Madziatul Churiyah, S.Pd., M.M

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, dan Aplikasi Pengolahan Data Arsip

Pengembangan media pembelajaran berbasis komputerisasi dengan menggunakan Aplikasi Pengolahan Data Arsip merupakan media yang ditujukan untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran kearsipan. Hasil wawancara dengan guru Mata Pelajaran Kearsipan, didapat kesimpulan bahwa hasil belajar siswa masih belum terlihat dan masih dikatakan kurang. Hal ini dikarenakan dalam sistem pembelajaran guru masih menggunakan cara konvensional dan belum sama sekali menggunakan media pembelajaran. Selain itu siswa juga belum mendapatkan pengalaman nyata memproses dan menyimpan arsip. Untuk lebih memudahkan guru dalam memberikan pembelajaran yang memberikan pengalaman belajar kepada siswa secara langsung dan bersifat nyata namun tetap mudah diapahami oleh siswa, penelitian ini akan mengembangkan media pembelajaran Aplikasi Pengolahan Data Arsip pada Mata Pelajaran Kearsipan untuk siswa kelas XII Program Studi Administrasi Perkantoran Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banyuwangi.

Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D. Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media, dan siswa dimana ahli materi menunjukkan bahwa persentase sebesar 91%, ahli media menunjukkan bahwa persentase sebesar 98% dan siswa menunjukkan bahwa persentase sebesar 89%. Dimana jumlah tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran Aplikasi Pengolahan Data Arsip memiliki kriteria valid/dapat digunakan.

Saran kepada guru dan siswa khusunya, sebelum menggunakan media pembelajaran Aplikasi Pengolahan Data Arsip ini hendaknya memahami dan mengerti cara pengoperasian media pembelajaran ini sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat lebih optimal.