SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Teknik Dasar Bolabasket Pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang

Darul Aji Wicaksono

Abstrak


ABSTRAK

Teknik dasar dalam bolabasket (passing, dribbling, lay up) merupakan teknik yang penting dalam permainan bolabasket.Berdasarkan hasil analisis kebutuhan diketahui : (1) 54,28% siswa senang mengikuti olahraga, (2) 74,28% siswa menyukai bolabasket, (3) tetapi 65,71% siswa kesulitan memahami materi, (4) 71,42% siswa setuju diadakannya media pembelajaran, (5) 85,71% siswa memilih media video pembelajaran.Video pembelajaran sebagai media pembelajaran memiliki kelebihan yaitu:(1) Video pembelajaran tidak membutuhkan kertas sebagai perantara untuk menampilkannya. Hal ini dikarenakan video pembelajaran lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan media pembelajaran lainnya,(2) Dapat mencakup beberapa gaya belajar siswa yang terdiri dari audio dan visual, (3) Video pembelajaran lebih menarik minat siswa karena di dalam video tersebut ada model peraga, musik, dan penjelasan dalam video, (4) Dapat dijadikan salahsatualternatif pembelajaran karena terbatasnya sarana dan prasarana yang ada di sekolah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk berupa video pembelajaran yang berisi materi tentang teknik dasar bolabasket yaitu dribbling, passing dan lay up.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan mengembangkan model videopembelajaran bolabasket dengan langkah sebagai berikut: 1) Analisis produk awal dengan mengumpulkan informasi dan kajian pustaka; 2)  Pembuatan produk awal; 3) Tinjauan para ahli; 4)  Uji coba kelompok kecil; 5) Revisi produk awal; 6) Uji coba kelompok besar; 7)  Revisi akhir; dan 8) Produk akhir. Desain uji coba dengan melalui dua tahap yaitu tahap evaluasi ahli dengan melibatkan 2 ahli pembelajaran, 2 ahli bola basket dan 2 ahli media dan dengan uji kelompok kecil dan kelompok besar. Pada uji coba kelompok kecil melibatkan 8 siswa, sedangkan pada kelompok besar melibatkan 33 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa angket.

Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah pengembangan pembelajaran teknik dasar bolabasket pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Singosari dengan spesifikasi produk video pembelajaran dikemas dalam bentuk VCD, terdapat penjelasan dalam melakukan teknik dasar bolabasket, tampilan gerak dalam teknik dasar bolabasket lebih detail, video pembelajaran didesain lebih menarik. Hal tersebut dibuktikan dari hasil justifikasi 2 ahli pembelajaran diperoleh hasil 100%, 2 ahli bolabasket sebesar 98,5% dan 2 ahli media 97,5% serta uji coba kelompok kecil sebesar 82,58% dan uji coba kelompok besar 86,03%, berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan.

Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan dapat mempermudah siswa dalam memahami teknik dasar bolabasket. Oleh sebab itu, diharapkan pengembangan video pembelajaran teknik dasar bolabasket ini bisa menjadi salah satu alternatif media pembelajaran bolabasket agar proses belajar lebih menarik sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.