SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Renang Gaya Dada Menggunakan Alat Bantu Di Perkumpulan Renang Barracuda’s Malang.

Andreas Budi Setyawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Setyawan, Andreas Budi. 2014. Pengembangan Model Latihan Renang Gaya Dada Menggunakan Alat Bantu Di Perkumpulan Renang Barracuda’s Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd

 

Kata Kunci : Pengembangan Model, Renang Gaya Dada, Alat Bantu, Buku Saku

 

Model latihan gaya dada merupakan hal yang dibutuhkan sebagai progam latihan di perkumpulan renang. Hasil observasi diketahui bahwa di perkumpulan Barracuda’s belum ada model latihan renang gaya dada menggunakan alat bantu. Perlu pemecahan masalah dengan pengembangan model latihan renang gaya dada menggunakan alat bantu, hal ini diperkuat dengan hasil analisis kebutuhan diketahui : Rata-rata 90, 6% sudah bisa melakukan gaya dada, 81, 2% mengungkapkan bahwa model latihan kurang bervariasi,  93, 7% sumber belajar mereka hanya pada pelatih, 87,5% mengaku tidak pernah melakukan variasi latihan papan luncur,  sebanyak 100% atlet tidak mengenal model latihan Bucket kick dan Tube kick, dan dari analisis kebutuhan itu diketahui bahwa sebanyak 100% setuju dengan dikembangkannya model latihan gaya dada menggunakan alat bantu, dan juga 100% mereka setuju bila model latihan dikemas dalam bentuk buku saku.

Tujuan Penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk berupa model latihan renang gaya dada menggunakan alat bantu yang dikemas dalam bentuk buku saku.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan (Research and Development) Borg dan Gall (1983:775) dengan sepuluh langkah, namun pada penelitian ini digunakan tujuh langkah disesuaikan dengan kondisi yang dihadapi. Adapun langkah yang digunakan sebagai berikut: 1) Analisis kebutuhan dengan mengumpulkan informasi dan kajian pustaka 2)  Pembuatan produk awal 3) Tinjauan para ahli 4)  Uji coba kelompok kecil 5) Revisi produk awal 6) Uji coba kelompok besar 7)  Revisi akhir 8) Produk akhir. Desain uji coba dengan melalui dua tahap yaitu tahap evaluasi ahli dengan melibatkan 1 ahli kepelatihan renang, dan 1 ahli media dan dengan uji kelompok kecil dan kelompok besar. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa angket.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan saran dan masukan ahli kepelatihan renang dan ahli media serta hasil uji coba kelompok kecil sebesar 86,7% dan uji coba kelompok besar 89,4%, berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan tanpa revisi.

Besar harapan peneliti bila produk yang telah dikembangkan bisa digunakan untuk sasaran yang lebih luas, selain itu lebih dikembangkan dengan model yang variatif dengan menggunakan alat bantu yang lain juga, sehingga dapat dikaji lebih lanjut mengenai tingkat keefektifan dari produk model latihan renang gaya dada menggunakan alat bantu yang telah dikembangkan.