SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN VARIASI LATIHAN GROUNDSTROKE FOREHAND MENGGUNAKAN PERMAINAN (GAMES) DALAM BENTUK VIDEO UNTUK ATLET JUNIOR DI PELATIHAN TENIS LAPANGAN PELTI KOTA JOMBANG

Wildan Amanda Lazuardi

Abstrak


ABSTRAK

 

Lazuardi, Wildan Amanda. 2014. Pengembangan Variasi Latihan Groundstroke Forehand Menggunakan Permainan (Games) dalam bentuk Video untuk Atlet Junior di Pelatihan Tenis Lapangan PELTI Kota Jombang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan,Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mulyani Surendra, M.S., (II) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes

 

Kata Kunci: pengembangan, variasi, latihan, groundstroke forehand, permainan.

 

Groundstroke forehand adalah salah satu teknik dasar yang penting dalam permainan tenis lapangan. Namun dalam kenyataannya atlet di Pelatihan Tenis Lapangan PELTI Kota Jombang belum menguasai pukulan groundstroke forehand dengan konsistensi dan akurasi yang baik. Hal ini disebabkan monotonnya latihan yang dilakukan. Berdasarkan hasil kuisioner terhadap 26 atlet junior, didapatkan data sebagai berikut: (1) 22 (84,6%)atlet junior menyatakan penting pukulan groundstroke forehand.(2) 26 (100%) atlet junior menyatakan belum dikembangkan variasi latihan groundstroke. (3)23 (88,5%) atlet junior menyatakan lebih senang menggunakan media video. Selain itu berdasarkan hasil analisis kebutuhan kepada pelatih didapatkan hasil bahwa: 1) belum dikembangkan variasi latihan groundstroke forehand menggunakan permainan, 2) latihan yang dilakukan hanya berupa drill bersama teman dan game, 3) pelatih memerlukan adanya pengembangan variasi latihan groundstroke forehand.

Tujuan dari pengembangan ini yaitu mengembangkan variasi latihan groundstroke forehand menggunakan permainan (games) dalam bentuk video untuk atlet junior di Pelatihan Tenis Lapangan PELTI Kota Jombang yang menarik, yang diharapkan dapat menunjang keberhasilan atlet dalam proses berlatih pada teknik groundstroke forehand.

Metode yang digunakan peneliti mengacu pada model pengembangan dari Borg and Gall (1983:775) dan disederhanakan menjadi 7 langkah sesuai dengan saran Ardhana (2002:9). Instrumen yang digunakan adalah berupa angket berisi tentang rancangan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif berupa persentase.

Data hasil uji coba kelompok kecil dengan subjek 6 atlet junior diperoleh persentase rata-rata 82,1%. Sedangkan hasil uji coba kelompok besar dengan subjek 30 atlet junior diperoleh persentase rata-rata 85,3%. Sehingga seluruh aspek dalam pengembangan variasi latihan groundstroke forehand menggunakan permainan memenuhi kriteria kualitas produk menurut Arikunto dan Jabar 81-100% yang bermakna“ Sangat Baik (digunakan)”.

Dari hasil tersebut maka produkpengembangan ini dapat dijadikan sebagaireferensivariasi latihan groundstroke forehand.Sedangkan untuk penyebar luasan produk ini sebaiknya dilakukan evaluasi lagi agar menjadi lebih baik dan disesuaikan dengan kebutuhan yang diharapkan.