SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya meningkatkan pembelajaran lompat jauh gaya menggantung menggunakan metode bermain siswa kelas IX G SMP Negeri 02 Talun Kabupaten Blitar

Arie Bagus Prasetya

Abstrak


ABSTRAK

Bagus, Arie. 2014. Upaya meningkatkan pembelajaran lompat jauh gaya menggantung menggunakan metode bermain siswa kelas IX G SMP Negeri 02 Talun Kabupaten Blitar, Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Tomi, M.Pd, (II) Drs. Mardianto, M.Kes.

 

Kata kunci: Peningkatan Psikomotor, Lompat Jauh Gaya Menggantung, Metode Bermain Melewati Rintangan.

Siswa dapat melakukan ketrampilan lompat jauh gaya menggantung dengan benar menggunakan metode bermain. Karena berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan lompat jauh gaya menggantung siswa kelas IX G SMP Negeri 02 Talun Kabupaten Blitar dapat dikatakan kurang baik karena dari keempat teknik dasar yang diamati, seperti awalan, tumpuan, saat melayang, dan saat mendarat persentase kesalahan terlihat pada teknik awalan rata-rata sebanyak 15 (39,47%) siswa, tumpuan rata-rata sebanyak 26 (68,42%) siswa, melayang rata-rata sebanyak 28 ( 73,68%) siswa, dan mendarat rata-rata sebanyak 24 (64,47%) siswa. Dengan penerapan metode bermain siswa tidak akan cepat bosan dan bias lebih kreatif dalam menerima pelajaran.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX G SMP Negeri 02 Talun Kabupaten Blitar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan), dokumentasi, tes keterampilan, catatan lapangan.

Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan keterampilan siswa dari siklus ke siklus. Untuk hasil post-test siklus II menunjukkan peningkatan penguasaan keterampilan lompat jauh gaya menggantung dengan masing-masing persentase keberhasilan dari teknik awalan yang benar sudah dilakukan dengan persentase keberhasilan sebanyak 97,36%, dari teknik tumpuan yang benar sudah dilakukan dengan persentase keberhasilan 82,89%, dari teknik melayang yang benar sudah dilakukan dengan persentase keberhasilan 81,57%, dari tenik mendarat  yang benar sudah dilakukan persentase keberhasilan 82,89%.

Kesimpulan penelitian ini, bahwa penggunaan metode bermain lompat melewati rintangan dapat meningkatkan psikomotor (keterampilan) lompat jauh gaya menggantung siswa kelas IX G SMP Negeri 02 Talun Kabupaten Blitar.

Berdasarkan  hasil penelitian ini, peneliti menyarankan bagi guru Pendidikan Jasmani agar dapat menggunakan metode bermain untuk meningkatkan psikomotor (keterampilan) lompat jauh gaya menggantung. Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian yang sama, diharapkan dapat mengembangkan lagi permainan-permainan olahraga untuk diterapkan pada pembelajaran pendidikan jasmani.