SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Meroda Menggunakan Alat bantu dengan Part-Whole Method pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Malang

Angga Bramansta Putrantana

Abstrak


ABSTRAK

 

Putrantana, Angga Bramansta. 2014. Pengembangan Pembelajaran Meroda Menggunakan Alat bantu dengan Part-Whole Method pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Widijoto, M.S.  (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, pembelajaran, pembelajaran motorik, meroda, part-whole method.

 

Meroda adalah suatu gerakan ke samping pada satu saat bertumpu atas kedua tangan dengan kaki terbuka lebar/kangkang. Gerakan ini menirukan gerakan roda yang berputar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan pembelajaran meroda menggunakan alat bantu dengan part-whole method pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Malang, agar guru pendidikan jasmani dan kesehatan lebih mudah dalam mengajarkan materi senam lantai khususnya meroda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg and Gall. Dari sepuluh langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall, namun peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah yang meliputi: (1) pengumpulan informasi, (2) rancangan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) uji coba tahap I, (5) revisi produk  (6) uji coba tahap II, (7) revisi dan produk akhir.

Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil adalah 89,17% hasilnya sangat valid, sedangkan uji coba kelompok besar adalah 96,04% hasilnya sangat valid, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas meroda menggunakan alat bantu dengan part-whole method pada SMP Negeri 18 Malang dapat digunakan.

Hasil produk pengembangan pembelajaran meroda menggunakan alat bantu dengan part-whole method antara lain: (1) aktivitas meroda menggunakan alat bantu dengan part-whole method ini membuat siswa menjadi senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran meroda, (2) siswa lebih mudah dalam belajar senam lantai gerakan meroda, (3) alat yang digunakan dalam proses pembelajaran ini aman dan  menarik.