SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Tentang Signal-Signal Perwasitan Bagi Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli Di SMK Negeri 11 Malang

YHOGA PURWALINGGA

Abstrak


ABSTRAK

 

Purwalingga, Yhoga. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Tentang Signal-Signal Perwasitan Bagi Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli Di SMK Negeri11 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: 1) Prof. Dr. H. M. E. Winarno, M,Pd, 2) dr. AgungKurniawan, M.Kes

 

Kata Kunci: ekstrakurikuler, signal-signal perwasitan, bolavoli.

 

Berdasarkan hasil wawancara dengan pelatih dan analisis kebutuhan siswa, dalam kegiatan ekstrakurikuler bolavoli, pelatih tidak pernah memberikan materi tentang isyarat-isyarat (signal-signal) perwasitan bolavoli. Sebesar 74,67% dari 30 peserta ekstrakurikuler bolavoli menyatakan belum mengerti tentang isyarat-isyarat (signal-signal) perwasitan bolavoli.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaranberbasis web tentang isyarat-isyarat (signal-signal) perwasitan bagi peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMK Negeri 11 Malang. Web atau biasa disebut website merupakan kumpulan halaman-halaman yang dapat menampilkan informasi berupa teks, gambar, gambaranimasi, suaradan video yang dapat diakses melalui jaringan internet.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian teoritis. Dimana teori tentang isyarat-isyarat (signal-signal) perwasitan bolavoli ini diambil dari buku Peraturan Permainan Bolavoli PBVSI tahun 2005. Sesuai buku tersebut, isyarat-isyarat (signal-signal) perwasitan bolavoli terdiri dari 25 isyarat tangan wasit dan 5 isyarat hakim garis. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif dengan persentase dan analisis kualitatif. Teknik analisis kuantitatif deskriptif digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket dan teknik analisis data kualitatif diperoleh dari saran para ahli.

Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran berbasis web tentang isyarat-isyarat (signal-signal) perwasitan bolavoli. Dengan hasil evaluasi ahli perwasitan bolavoli diperoleh persentase sebesar 96,77% dan evaluasi ahli media diperoleh persentase sebesar 96,23%. Dari analisis data uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 92,7%. Dari hasil analisis uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 93,4%.

Kesimpulan pengembangan media pembelajaran berbasis web tentang isyarat-isyarat (signal-signal) perwasitan bolavoli dapat diterapkan pada kegiatan ekstrakurikuler bolavoli di SMKN 11 Malang.

Produk pengembangan berupa media pembelajaran berbasis web tentang signal-signal perwasitan bagi peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMK Negeri 11 Malang dapat diakses melalui www.signalperwasitanbolavoli.pe.hu.