SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Ajar Gerak Dasar Langkah Kaki Aktvitas Ritmik Untuk Peserta Didik Kelas III SD Negeri Beji I Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan

Arista Ervina Maulidya

Abstrak


ABSTRAK

 

Maulidya, Arista Ervina. 2014. Pengembangan Buku Ajar Gerak Dasar Langkah Kaki Aktvitas Ritmik Untuk Peserta Didik Kelas III SD Negeri Beji I Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Siti Nurrochmah, M.Kes., (II) Febrita Paulina Heynoek, S.Pd., M.Pd,.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Buku Ajar, Gerak Dasar Langkah Kaki, Aktivitas Ritmik

 

Aktivitas ritmik merupakan salah satu mata pelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak pada peserta didik. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di SD Negeri Beji I Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan bahwa pendidik jarang memberikan aktivitas ritmik, pada saat pembelajaran aktivitas ritmik pendidik tidak menguasi materi aktivitas ritmik dan kurang paham mengenai materi khususnya gerak dasar langkah kaki. Dalam penyampaian pembelajaran aktivitas ritmik pendidik hanya menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS). Permasalahan tentang pembelajaran aktivitas ritmik khususnya gerak dasar langkah kaki ini menarik untuk dikaji. Peneliti berupaya mengembangkan bahan ajar berupa buku ajar gerak dasar langkah kaki pada pembelajaran aktivitas ritmik yang akan digunakan oleh pendidik dan peserta didik untuk materi pembelajaran.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan buku ajar gerak dasar langkah kaki peserta didik di SD Negeri Beji I Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Oleh karena itu penelitian pengembangan ini diharapkan membantu peserta didik dalam keterampilan gerak dasar yang baik dan benar dalam pembelajaran aktivitas ritmik di SD Negeri Beji I Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tahap-tahap penelitian dan pengembangan dari model Borg and Gall (1983:775) yang sudah disederhanakan menjadi 7 langkah oleh dari Ardhana (2002:9), tahap-tahap dalam pengembangan tersebut adalah: 1) Melakukan analisis kebutuhan 2) Membuat produk awal 3) Evaluasi ahli 4) Uji coba kelompok kecil 5) Revisi produk awal 6) Uji coba kelompok besar 7) Revisi produk akhir. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket berisi tentang rancangan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase.

Hasil pengembangan gerak dasar langkah kaki yang dirancang dan dikembangkan melalui saran dan evaluasi dari para ahli pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan, ahli senam dan ahli media. Secara keseluruhan para ahli menyetujui produk yang dikembangkan layak digunakan untuk peserta didik dalam pembelajaran aktivitas ritmik di SD Negeri Beji I Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Data yang diperoleh pada uji coba kelompok kecil sebesar 75,32%, sedangkan untuk uji coba kelompok besar 90,26%.

Berdasarkan hasil yang diperoleh di atas, produk pengembangan berupa buku ajar gerak dasar langkah kaki pada aktivitas ritmik untuk peserta didik kelas III SD Negeri Beji I Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan layak digunakan dalam pembelajaran materi aktivitas ritmik yang akan membuat peserta didik memiliki minat dan tidak merasa bosan dalam proses pembelajaran aktivitas ritmik.