SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Gerak Dasar Melalui Permainan Sirkuit Sehat Cerdas Berkarakter pada Siswa Kelas 1 SDN Bangah Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo

SISCHA MEGA INDRIANI

Abstrak


ABSTRAK

 

Indriani, Sischa Mega. 2014. Pengembangan Pembelajaran Gerak Dasar Melalui Permainan Sirkuit Sehat Cerdas Berkarakter pada Siswa Kelas 1 SDN Bangah Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd. (II) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Kata Kunci: pengembangan, pembelajaran, gerak dasar, permainan

 

Aktivitas gerak harus dikembangkan sejak dini, karena gerak merupakan salah satu faktor yang terpenting bagi perkembangan manusia. Berdasarkan hasil hasil analisis kebutuhan yang dilakukan oleh peneliti di SDN Bangah  Kec Gedangan Kab Sidoarjo, melalui pengisian angket yang diberikan kepada orangtua siswa kelas I yang berjumlah 42 siswa diketahui bahwa 92% orangtua menyatakan perlu jenis-jenis permainan untuk mengembangkan gerak dasar jalan, lari dan lompat. Sedangkan hasil analisis kebutuhan kepada guru pendidikan jasmani dapat disimpulkan bahwa guru belum pernah menerapkan sirkuit dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan guru menjawab bahwa model permainan sirkuit dibutuhkan dalam pembelajaran pendidikan jasmani.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan pembelajaran gerak dasar melalui permainan sirkuit “Sehat Cerdas Berkarakter” pada siswa kelas 1 SDN Bangah Kec Gedangan Kab Sidoarjo. Diharapkan dapat memfasilitasi kebutuhan anak dengan media sederhana dan dapat merangsang terjadinya pembentukan karakter siswa.

Dalam penelitian ini, peneliti mengacu pada model pengembangan dari Borg and Gall (1983:775), langkah-langkah tersebut adalah: (1) melakukan analisis kebutuhan, (2) mengembangkan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi produk, (6) uji coba kelompok besar, (7) revisi produk berdasarkan uji coba lapangan.

Produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran gerak dasar melalui permainan sirkuit sehat cerdas berkarakter pada siswa kelas 1 SD yang dikemas dalam bentuk buku yang terdiri dari 4 macam permainan. Dalam produk pengembangan ini terdiri dari: a) Konsep, b) Pelaksanaan Permainan, c) Langkah-langkah Pembelajaran 

Produk pengembangan ini melalui beberapa tahap yaitu justifikasi ahli dan uji coba kelompok. Dari beberapa tahap tersebut, media pembelajaran gerak dasar melalui permainan sirkuit sehat cerdas berkarakter pada siswa kelas 1 SD dapat disimpulkan bahwa diperoleh hasil 75-100% dari ahli pembelajaran, diperoleh hasil 75-100% dari ahli permainan, diperoleh hasil 75-100% dari ahli media, diperoleh hasil 87,5-100% dari uji coba kelompok kecil, dan diperoleh hasil 87,5-100% dari uji coba kelompok besar sehingga produk pengembangan layak untuk digunakan. Hasil pengembangan ini hanya sampai tersusun sebuah produk, belum sampai pada tingkat efektivitas produk yang dikembangkan jadi sebaiknya dilanjutkan pada penelitian mengenai efektivitas produk yang dikembangkan.