SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengembanganModelLatihanBertahandalamPermainanSepakbolauntuk SiswaUsia14-16Tahun di Sekolah SepakbolaPumaSitubondo

Syaiful bahri

Abstrak


ABSTRAK

 

Bahri, Syaiful. 2014. Pengembangan Model Latihan Bertahan dalam Permainan Sepakbola untuk Siswa Usia 14-16 Tahun di Sekolah Sepakbola Puma Situbondo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) I Nengah Sudjana, S.Pd, M. Pd, (2) Fahrial Amiq, S.Or, M.Pd.

 

Kata Kunci: penelitian pengembangan, sepakbola, latihan, bertahan.

 

Sepakbola adalah olahraga permainan beregu yang dimainkan atas dasar penguasaan teknik dengan bola, kondisi fisik dan semangat bertanding. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan pelatih, model latihan bertahan di Sekolah Sepakbola Puma kurang bervariasi dan pelatih juga jarang menerapkan model latihan bertahan. Setelahdilakukananalisiskebutuhan, diperoleh data 87% siswamenyatakanbahwa jarang melakukan latihan strategi bertahan, 83% membutuhkan latihan strategi bertahan, 77% menyatakansiswa tertarik untuk melakukan latihan bertahan.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan model latihan bertahan di Sekolah Sepakbola Puma Kabupaten Situbondo.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan yang mengacu pada teori Research and Development Borg dan Gall yang telah dimodifikasi disesauikan dengan keadaan di lapangan mengacu teori Ardhana.Dari 10 langkah pengembangan yang dikemukakan Borg dan Gall, peneliti menggunakan 7 langkah saja dikarenakan keterbatasan waktu, tenaga, serta biaya.

Penelitian ini melalui beberapa tahap, antara lain: 1) evaluasi produk dari 1 ahli sepakbola, 1 ahli kepelatihan sepakbola, 1 ahli media, 2) uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan kelompok besar, 3) tahap pengolahan data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner saat uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Sepakbola Puma yang berjumlah 30 siswa.

Dari evaluasi 1 ahli sepakbola dengan jumlah instrumen sebanyak 25 butir pertanyaan diperoleh hasil 97%, 1 ahlikepelatihan dengan jumlah instrumen  sebanyak 27 butir pertanyaan diperoleh hasil 86,11% dan 1 ahli media dengan jumlah instrumen 31 butir pertanyaan diperoleh hasil 70,97%, sehingga produk dinyatakan layak untuk diujicobakan pada kelompok kecil dan kelompok besar. Dari uji kelompok kecil yang dilakukan oleh 8 siswa Sekolah Sepakbola Puma Kabupaten Situbondo dengan jumlah instrumen untuk uji kelompok kecil sebanyak 28 butir pertanyaan diperoleh hasil 85%, sedangkan dari uji lapangan (kelompok besar) dengan jumlah instrumen sebanyak 28 butir pertanyaan yang dilakukan oleh 22 siswa Sekolah Sepakbola Puma Kabupaten Situbondo diperoleh hasil 88,5%. sehingga produk pengembangan model latihan bertahan yang dikemas dalam bentuk video dinyatakan layak digunakan sebagai model latihan untuk usia 14-16 tahun di Sekolah Sepakbola Puma Kabupaten Situbondo.