SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PeningkatanAkurasiPukulanSmashuntukPemain Tunggal BulutangkisMenggunakan Media KarpetsebagaiSasaranpadaAtlet PB DasaDigdaya Kota Blitar

Krisna Galih Mandala

Abstrak


ABSTRAK

 

Mandala, Krisna Galih. 2014. Peningkatan Akurasi Pukulan Smash untuk Pemain Tunggal Bulutangkis Menggunakan Media Karpet sebagai Sasaran pada Atlet PB Dasa Digdaya Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes., (II) I Nengah Sudjana, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: akurasi, smash, bulutangkis

 

Dalam permainan bulutangkis terdapat beberapa pukulan yang harus dikuasai oleh seorang atlet, salah satunya yaitu pukulan smash. Pukulan smash dapat dilakukan dari atas kepala, baik dengan teknik backhand maupun forehand, tergantung arah datangnya shuttlecock. Penelitian ini memfokuskan pada pukulan forehand smash. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di Persatuan Bulutangkis (PB) Dasa Digdaya Kota Blitar, diperoleh hasil bahwa akurasi pukulan smash pada atlet PB Dasa Digdaya Kota Blitar belum menunjukkan hasil yang optimal pada saat sikap awal, sikap saat memukul, sikap akhir, dan arah shuttlecock kesasaran.

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki pelatihan bulutangkis yang belum optimal sehingga diharapkan bisa meningkatkan akurasi pukulan smash pada atlet PB Dasa Digdaya Kota Blitar.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan olahraga dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah atlet PB Dasa Digdaya Kota Blitar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan), tes, dan analisis data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui teknik latihan smash dengan menggunakan media karpet sebagai sasaran, mampu meningkatkan akurasi pukulan smash atlet dari siklus ke siklus. Hal ini bisa dilihat dari persentase keberhasilan atlet dalam melakukan akurasi smash setelah diberikan tindakan pada siklus 1 dan siklus 2. Hasilnya, dari 24 (80%) atlet menjadi 30 (100%) atlet yang bisa melakukan gerakan awal, dari  22 (73%) atlet menjadi 28 (93%) atlet yang bisa melakukan gerakan saat memukul, dari 26 (86%) atlet menjadi 30 (100%) atlet yang bisa melakukan gerakan akhir, dan dari 12 (40%) atlet menjadi 24 (80%) yang bisa mengarahkan shuttlecock kesasaran karpet.

Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu pelatihan menggunakan karpet sebagai sasaran dapat meningkatkan akurasi pukulan smash pada atlet PB Dasa Digdaya Kota Blitar. Saran dalam penelitian ini yaitu peneliti agar memiliki kepekaan yang tinggi terhadap fenomena yang muncul di lapangan dan mampu memecahkan masalah dengan tepat melalui kegiatan penelitian.