SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MENINGKATKAN EFEKTIVITAS VARIASI DAN KOMBINASI GERAK DASAR ATLETIK PADA SISWA KELAS VIII SMPK MARSUDISIWI KOTA MALANG DENGAN METODE BERMAIN DAN BERLOMBA

GOD LIFE UM

Abstrak


ABSTRAK

Mesak Endob, Godlife. 2014. Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Lari Jarak Pendek pada Siswa Kelas VIII SMPK Marsudisiwi Kota Malang dengan Metode Bermain dan Berlomba. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mu’arifin, M.Pd (II) Dr. Saichudin, M.Kes

 

Kata kunci: efektivitas pembelajaran, lari jarak pendek, metode bermain dan berlomba

Tingkat efektivitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru merupakan salah satu faktor utama kesuksesan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Efektivitas suatu kegiatan belajar dapat terlihat dari proses pembelajaran itu sendiri. Guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan harus kreatif dalam merancang pembelajaran, salah satunya adalah dalam pembelajaran lari jarak pendek. Pembelajaran lari jarak pendek dapat dilakukan dengan metode bermain dan berlomba. Metode bermain dan berlomba merupakan salah satu pendekatan pembelajaran dalam pendidikan jasmani yang berpusat pada permainan dan siswa, untuk membelajarkan tentang permainan yang berhubungan erat dengan olahraga dengan sifat pembelajaran yang konstruktif.

Penelitian ini adalah tentang “Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Lari Jarak Pendek pada Siswa Kelas VIII SMPK Marsudisiwi Kota Malang dengan Metode Bermain dan Berlomba”. Permasalahannya yaitu bagaimana meningkatkan efektivitas pembelajaran lari jarak pendek di kelas VIII SMPK Marsudisiwi Kota Malang dengan metode bermain dan berlomba. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPK Marsudisiwi Kota Malang.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas terdiri dari siklus-siklus yang saling berhubungan di mana pada tiap-tiap siklus terdiri dari tahap-tahapan; (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan (observasi), dan (4) Refleksi. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus. Pada siklus pertama terdiri dari dua pertemuan dan pada siklus kedua terdiri dari satu kali pertemuan.

Dari hasil pembelajaran lari jarak pendek dengan metode bermain dan berlomba Pada siklus I dilakukan dengan benar oleh siswa adalah sebanyak 18 siswa atau 62,1%. Pada berjalan dilanjutkan melompat teknik yang benar adalah sebanyak 12 siswa atau 41,4%. Pada berjalan dilanjutkan meloncat teknik yang benar yang dilakukan oleh siswa adalah sebanyak 13 siswa atau 44,8%. Pada teknik berjalan, melompat dilanjutkan sprin gerakan benar adalah 48,3%. Sedangkan permainan melempar siswa yang melakukan gerakan benar sebesar 37,9%. Pada siklus II Berjalan di lanjutkan sprin meningkat menjadi 86,2%, berjalan di lanjutkan melompat meningkat menjadi 82,8%, berjalan di lanjutkan meloncat meningkat menjadi 79,3%. Berjalan, melompat di lanjutkan sprin mengalami peningkatan menjadi 89,7%, dan permainan melempar bola menjadi 75,9%.

 

ABSTRACT

Mesak Endob, Godlife. 2014. Improving  the Effectiveness of Learning Sprints Running on Students In Grades VIII State Junior High School Marsudisiwi Malang city with Play and game Methods. Thesis, Department of Health Physical Education and Sport Science Faculty, States University of Malang. Supervisor : (I) Drs.Mu’arifin,M. Pd  (II) Dr. Saichudin,M.Kes

 

Key words: learning effectiveness, sprints running, playing and game methods

Level of effectiveness of  learning undertaken by teachers is one of the main factors of success in implementing the teacher learning process. The effectiveness of a learning activity can be seen from the learning process it self. Teacher of physical education, sport and health to be creative in designing learning, one of which is in learning sprints running. Learning sprints can be done by the method of playing and games. Methods of playing and games is one approach to learning in physical education with centered to students and game, to learning about the game which related to the sport with the construtive nature of learning.

This study is about “Improving the Effectiveness of Learning Sprints Running on Students in Grades VIII State Junior High School Marsudisiwi Malang City with Play and Game Methods”. The problem is how to improve the effectiveness of Learning Sprints Running on Students in Grades VIII State Junior High School Marsudisiwi Malang City with Play and Games Methods. The population in this research are student in grade VIII State Junior High School Marsudisiwi Malang City.

These research include the type of classroom action research. Consists of classroom action research cycles are interconnected where in each cycle consisting  of stages : 1. Planning, 2. Implementation, 3. Observations and 4. Refleciton. In this research using two cycles. In the first cycle consisted of two meetings and the second cycle consisted of one meeting.

Of  learning outcomes sprint race with the method of play and the first cycle is done properly by the students are as many as 18 students or 62.1 % . On the walk followed the correct technique is to jump by 12 students , or 41.4 % . On the walk continued to jump right techniques performed by students are as many as 13 students or 44.8 % . In engineering runs , jumps followed sprin correct movement is 48.3 % . While the game throwing students who perform correct movement by 37.9 % . In the second cycle Walking in sprin continue to increase to 86.2 % , goes in continue jumping increased to 82.8 % , goes in the bolt continue to increase to 79.3 % . Running , jumping in sprin continue to increase to 89.7 % , and the game throws the ball to 75.9 %.