SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Permainan melalui Media Buku Ajar bagi TK Kelompok A Gugus 1 Kecamatan Prajuritkulon Kota Mojokerto.

EKA KUMALA KUSUMA DEWI

Abstrak


ABSTRAK

Kumala, Eka. 2014. Pengembangan Model Permainan melalui Media Buku Ajar bagi TK Kelompok A Gugus 1 Kecamatan Prajuritkulon Kota Mojokerto. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Dra. Sri Purnami, M.Pd, Pembimbing (II): Drs. Agus Tomi, M.Pd.

Kata Kunci: Pengembangan, model permainan, media buku ajar

Berdasarkan observasi awal, wawancara, dan analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti dengan TK Kelompok A Gugus 1 Kecamatan Prajuritkulon Kota Mojokerto, pada tanggal 1 Juni 2013 terungkap bahwa  guru TK Kelompok A Gugus 1 Kecamatan Prajuritkulon Kota Mojokerto, 1) 43 guru (86%) tidak menggunakan buku ajar sedangkan 7 guru pernah menggunakan buku ajar, 2) 40 guru (80%) mengalami kendala dalam memberikan model permainan , sedangkan 10 (20%) guru tidak mengalami kendala dalam memberikan model permainan,  3) 42 guru (84%) tidak pernah memberikan permainan motorik kasar seperti melompat, menangkap dan berlari, sedangkan 8 guru (16%) memberikan permainan motorik kasar seperti melompat, menangkap dan berlari, 4) 48 guru (96%) membutuhkan media buku ajar untuk menambah variasi permainan, sedangkan 2 guru (4%) menjawab tidak butuh,  5) 50 guru (100%) Setuju jika pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan kesehatan diberikan fasilitas atau media buku ajar.

Spesifikasi produk pengembangan model permainan dengan media buku ajar merupakan variasi pembelajaran, cover (halaman sampul) disusun secara menarik dengan gambar yang jelas, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, materi dan gambar,  bahasa yang digunakan di dalam buku ajar mudah untuk dipahami oleh guru, isi materi ajar yang terdapat dalam buku ajar pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan terdiri dari: a) merangkak bangku, b) menangkap bulan, c) simpai, d) halang rintang, e) berubah bentuk, f) tendang matahari, g) monyet memanjat, h) lingkaran bola.

Pengembangan model permainan melalui media buku ajar ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall (1983:775) yang dimodifikasi dengan prosedur pengembangan oleh peneliti sebagai berikut: (1) analisis produk: observasi lapangan, wawancara, penyebaran angket, dan kajian pustaka, (2) mengembangkan produk awal, (3) evaluasi ahli permainan, ahli media dan revisi produk, (4) uji coba tahap I (kelompok kecil), (5) revisi produk uji coba tahap I, (6) uji coba tahap II (kelompok besar), (7) revisi produk uji coba tahap II.

Hasil Pengembangan Model Permainan melalui media buku ajar bagi  TK kelompok A gugus 1 kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto. memenuhi kriteria cukup untuk ahli pembelajaran memperoleh 75%, memenuhi kriteria baik untuk ahli media memperoleh 87,5%, memenuhi kriteria baik untuk uji coba tahap I memperoleh 76,80%, memenuhi kriteria baik untuk uji coba tahap II memperoleh 84,72%. Sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi TK Kelompok A Gugus 1 Kecamatan Prajuritkulon Kota Mojokerto.