SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL-MODEL LATIHAN SMASH BOLAVOLI UNTUK EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI PUTRI SMK KARTIKA IV-1 MALANG

Agung Rudi Istanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Istanto, Agung Rudi. 2014. Pengembangan Model-Model Latihan Smash Bolavoli Untuk Ekstrakurikuler Bolavoli Putri SMK Kartika IV-1 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M.E Winarno, M.Pd, (2) Dr. Asim, M.Pd

 

Kata kunci: pengembangan, latihan, smash, bolavoli, ekstrakurikuler

 

Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan peneliti pada saat kegiatan ekstrakurikulerbolavoli di SMK Kartika IV-1 Malang berlangsung tanggal 3 Januari 2013, ditemukan (1) pelatih belum memberikan materi latihan smash, (2) pelatih belum mempunyai model latihan smash yang menarik, (3) jalannya ekstrakurikuler monoton dan kurang menarik.Hasil analisis kebutuhan siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler bolavoli di SMK Kartika IV-1 Malang ditemukan materi yang paling sering diberikan oleh pelatih yaitu passing bawah dengan prosentase 50%, passing atas 27%, servis 23% dan materi smash belum pernah diberikan dan sebanyak 2 responden atau 6,7 % menyatakan jalannya ekstrakurikuler kurang menarik serta100% responden setuju dikembangkan model-model latihan smash untuk kegiatan ekstrakurikuler.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model-model latihan smash bolavoli yang dikemas dalam bentuk buku panduandan diharapkan dapat mengoptimalkan kegiatan ekstrakurikuler bolavoli di SMK Kartika IV-1 Malang.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian yang dilaksanakan SMK Kartika IV-1 Malang ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengacu pada model Borg and Gall. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket.

Dari hasil analisis ahli bolavoli diperoleh hasil 86,69%, ahli media 77,63% maka produk pengembangan model-model latihan smash bolavoli untuk ekstrakurikuler bolavoli putri di SMK Kartika IV-1 Malang layak digunakan pada kegiatan ekstrakurikuler di SMK Kartika IV-1Malang. Dari hasil uji coba (kelompok kecil) dengan menggunakan 10 siswa diperoleh prosentase 88,61%, dan pada uji lapangan (kelompok besar) dengan menggunakan 30 subjek diperoleh prosentase sebesar90,86% sehingga pengembangan model-model latihan smash bolavoli untuk ekstrakurikuler bolavoli putri di SMK Kartika IV-1 Malang dapat digunakan.Dengan  adanya variasi model-model latihan smash ini dapat membantu siswi untuk lebih bersemangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli.