SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Teknik Dasar Dribble dan Shooting (Under ring dan Lay up) Bolabasket Menggunakan Tangan Kiri Dengan Media Video di Ekstrakurikuler SMA Charis National Academy Malang

Niki Pancasila Nastiti

Abstrak


ABSTRAK

 

Nastiti, Niki Pancasila. 2014. Pengembangan Model Latihan Teknik Dasar Dribble dan Shooting (Under ring dan Lay up) Bolabasket Menggunakan Tangan Kiri Dengan Media Video di Ekstrakurikuler SMA Charis National Academy Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes, (II) Febrita Paulina Heynoek, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Model Latihan, Under Ring, Lay up, Tangan kiri

 

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan siswa sekolah yang dilakukan diluar jam sekolah untuk mengasah bakat dan potensi yang diinginkan. Di dalam kegiatan ekstrakurikuler siswa bebas memilih bidang ekstrakurikuler yang mereka inginkan beberapa dari pilihan siswa yaitu olahraga. Bolabasket olahraga bola besar yang mudah dimainkan, permainan bolabasket yang bersifat dinamis, untuk dapat mencetak point (angka) tidaklah mudah harus menguasai teknik dasar permainan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model latihan teknik dasar dribble dan shooting bolabasket menggunakan tangan kiri di ekstrakurikuler SMA Charis National Academy Malang. Dengan adanya video model latihan teknik dasar ini membantu siswa untuk berlatih dan terampil menggunakan tangan kiri dalam bermain bolabasket.

Peneliti menggunakan prosedur pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi model yang lebih sederhana yaitu: (1) Melakukan penelitian dan pengumpulan data informasi dengan memberikan instrumen analisis kebutuhan kepada siswa ekstrakurikuler bolabasket SMA Charis National Academy Malang, (2) Pembuatan rancangan produk awal Video Model latihan Teknik Dasar Dribble dan Shooting Menggunakan Tangan Kiri, (3) Evaluasi para ahli dengan kualifikasi yaitu, 1 orang ahli media dan 1 orang ahli bolabasket (4) Revisi produk pertama, (5) Uji coba kelompok kecil, (6) Revisi produk kedua, (7) Uji coba lapangan (kelompok besar) (8) Revisi produk akhir (apabila ada masukan atau saran dari dan uji coba lapangan), (9) Hasil akhir produk pengembangan.

Berdasarkan hasil tinjauan para ahli, terdapat beberapa revisi terhadap rancangan produk yang telah dikembangkan, yaitu: (1) Hasil evaluasi ahli media adalah suara dan pengambilan gambar diperbaiki kembali (2) Hasil evaluasi ahli bolabasket adalah cover kurang NIM dan kelengkapan nama lembaga. Hasil persentase uji coba kelompok kecil adalah 94,4% dan hasil persentase uji coba kelompok besar adalah 94,8%. Hasil persentase tersebut menyatakan bahwa produk ini dapat digunakan untuk ekstrakurikuler di SMA Charis National Academy Malang. Karena penelitian ini hanya terbatas pengembangan produk, diharapkan ada penelitian selanjutnya yang menguji tingkat efektivitas produk yang telah dikembangkan ini.