SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Chest Pass (Operan Dada) Bolabasket Menggunakan Multimedia Interaktif Bagi Siswa Kelas V dan VI Di SDN Merjosari 2 Malang

Febbry Eka Hariyasa

Abstrak


ABSTRAK

 

Hariyasa, Febbry Eka. 2014. Pengembangan Model Latihan Chest Pass (Operan Dada) Bolabasket Menggunakan Multimedia Interaktif Bagi Siswa Kelas V dan VI Di SDN Merjosari 2 Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sulistyorini, M.Pd. (2) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes.

 

Kata kunci: penelitianpengembangan, multimedia interaktif, chest pass (operan dada), bolabasket, SDN Merjosari 2 Malang

 

Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang dilakukan di SDN Merjosari 2 Malang, bahwa siswa cenderung kurang antusias terhadap materi bolabasket pada umumnya khususnya chest pass. Guru lebih berorientasi ke hasil kalau materi chest pass serta materi bolabasket dikesampingkan dengan bukti bahwa guru menyatakan materi chest pass jarang diberikan. Pemberian angket kebutuhan kepada guru penjas ditemukan permasalahan bahwa kemenarikan materi chest pass diperoleh hasil dari guru dengan 1 butir instrument diperoleh hasil salah satu menjawab belum pernah diajarkannya latihan chest pass di SDN Merjosari 2 Malang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model variasi chest pass (operan dada) bolabasket melalui multimedia interaktif di SDN Merjosari 2 Malang.Adanya pengembangan model variasi chest pass (operan dada) bolabasket ini diharapkan dapat membantu dan mempermudahsiswa dalam mempercepat aspek penguasaan dan pemahaman chest pass (operan dada) bolabasket.

Pengembangan menggunakan model pengembangan Borg dan Gallyang diadaptasi menjadi model yang sederhana. Dalam pengembangan ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif doperoleh hasil pengamatan pada pembelajaran yang diuraikan secara rinci oleh peneliti serta melakukan wawancara terhadap guru pendidikan jasmani dan kemudian peneliti melakukan penyimpulan permasalahan yang ada serta data hasil tinjauan saran dan masukan para ahli.

Berdasarkanhasilujikelompokkecildenganmenggunakan6siswadiperolehpersentasesebesar89,81% tergolongkategorisangat valid. (3) hasilujikelompokbesardenganmenggunakan30 siswadiperolehpersentasesebesar90,16% tergolongkategorisangat valid sehinggamodel variasi latihan chest pass (operan dada) bolabasket melalui multimedia interaktif untuk siswa kelas V dan VI SDN Merjosari 2 Malang dapat digunakan.

Hasil pengembangan berupa multimedia interaktif model latihan chest pass (operan dada) bolabasket untuk siswa kelas V dan VI SD. Dan diharapkan Pengembangan multimedia interaktif  variasi model latihan chest pass ini diharapkan dapat menarik minat siswa dalam belajar, karena siswa akan lebih mudah dalam memahami materi selain itu juga pembelajaran akan lebih menyenangkan. Produk pengembangan multimedia interaktif ini dapat dijadikan