SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Bolavoli Menggunakan Media E-Book Tingkat SMP.

Bayu Bimantara

Abstrak


ABSTRAK

 

Bimantara, Bayu. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Bolavoli Menggunakan Media E-Book Tingkat SMP. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Wasis Djoko Dwiyogo, M.Pd (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, Permainan Bolavoli, Eletronic Book.

 

Berdasarkan penyebaran angket yang dilakukan peneliti terhadap siswa sekolah menengah pertama SMP 2 Malang pada tanggal 3 Desember 2012, kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani materi permainan bolavoli. Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) terhadap 35 siswa dan 1 guru pendidikan jasmani di SMP Negeri 2 Malang diperoleh 74,29% siswa dan 1 orang guru membutuhkan media elektronik berupa e-book media pembelajaran permainan bolavoli.

Tujuan penelitian ini adalah untuk siswa SMP Negeri 2 Malang agar dapat mempermudah siswa dalam mempelajari permainan bolavoli, sehingga siswa lebih bersemangat dan senang pada saat pembelajaran bolavoli di lapangan.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (1983:775), antara lain: (1) analisis kebutuhan, (2) pembuatan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) revisi produk awal, (5) uji coba kelompok kecil, (6) uji coba kelompok besar, (7) revisi produk akhir.

Produk yang dikembangkan adalah media pembelajaran permainan bolavoli menggunakan e-book yang ditujukan untuk siswa SMP Negeri 2 Malang. Elektronic-Book ini berisi tentang definisi bolavoli, sarana prasaran, dan teknik dasar bolavoli. Elektronic-book ini dilengkapi dengan video, gambar, musik, serta suara.

Produk pengembangan ini melalui beberapa tahap yaitu justifikasi ahli, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Dari beberapa tahap tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran permainan bolavoli menggunakan e-book untuk tingkat SMP dapat disimpulkan bahwa memperoleh hasil “Baik” dari ahli media dan hasil “Baik” dari ahli pembelajaran pendidikan jasmani. Dari uji coba kelompok kecil diperoleh hasil 77,48% dan dari uji coba kelompok besar diperoleh hasil 89,02%. Berdasarkan hasil justifikasi ahli, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar, produk pengembangan media pembelajaran permainan bolavoli menggunakan e-book untuk tingkat SMP sudah layak untuk digunakan.

Dari penelitian dan pengembangan ini, dapat disimpulkan bahwa produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran permainan bolavoli menggunakan media e-book tingkat SMP yang sudah dikatakan layak untuk digunakan. Hasil pengembangan ini hanya sampai tersusun sebuah produk, belum sampai pada tingkat efektivitas produk yang dikembangkan jadi sebaiknya dilanjutkan pada penelitian mengenai efektivitas produk yang dikembangkan.