SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Pembelajaran KooperatifTGT Materi Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi.

Bunga Aulia Prastiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Prastiwi, Bunga Aulia. 2014.Pengembangan Model Pembelajaran KooperatifTGT Materi Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi.Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M. E. Winarno, M.Pd. (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, model pembelajaran kooperatif, team games tournament (TGT), kebugaran jasmani

Kebugaran jasmani sebagai salah satu materi olahraga yang diberikan di SMP Negeri 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi. Berdasarkan observasi terhadap satu orang guru dan 26 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi, di sekolah belum ada model permainan dalam pembelajaran kebugaran jasmani, sehingga membuat proses belajar mengajar kurang menyenangi cara mengajar yang diberikan oleh guru dan terkesan membosankan. Yang menyatakan hal tersebut sebanyak 85%. Permasalahan tentang model pembelajaran kooperatif yang kurang inovatif dan bervariasi dalam pembelajaran kebugaran jasmani tersebut menarik untuk dikaji. Peneliti tertarik mengkaji melalui penelitian dan pengembangan tentang model pembelajaran kooperatifTGT. Oleh karena itu, disusunlah rancangan produk pengembangan model pembelajaran kooperatifTGT.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitumenghasilkan produk berupa model pembelajaran kooperatifTGT yang bervariasi sebagai upaya memecahkan masalah tentang kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran kebugaran jasmani.

Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase dan analisis kualitatif. Teknik analisis kuantitatif deskriptif digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket dan teknik data analisis kualitatif diperoleh dari kritik dan saran para ahli.

Model pembelajaran kooperatif TGT ini yang dikembangkan berasal dari saran atau masukan dan evaluasi para ahli, meliputi2 orang ahli permainan, 2 orang ahli pembelajaran dan 2 orang ahli media. Hasil penelitiandiperoleh bahwa model pembelajaran kooperatifTGT kelas VIII di SMP Negeri 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi layak dan bisa digunakan oleh siswa serta guru di SMP Negeri 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi. Dari hasil uji coba kelompok kecil adalah 80,55% menyatakan bahwa produk yang dikembangkan mudah dipahami, produk sangat menarik dan siswa sangat membutuhkan model pembelajaran kooperatifTGT dan hasil uji coba kelompok besar adalah 87,86% menyatakan bahwa produk sangat jelas, mudah dipahami, sangat menarik, sangat bermanfaat dan siswa sangat membutuhkan model pembelajaran kooperatifTGT.

Saranmodel pembelajaran kooperatifTGT ini bisa menjadi salah satu alternatif pembelajaran kebugaran jasmani agar proses pembelajaran lebih inovatif dan variasi, sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.