SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

UPAYA PENINGKATAN KEBERHASILAN SERVIS BAWAH BOLAVOLI DENGAN METODE LEMPAR BAWAH PADA SISWA KELAS V SDN BUNUTWETAN KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MALANG

Makhruj Dwi Rahmadi

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmadi, Makhruj Dwi. 2014. Upaya Peningkatan Keberhasilan Servis Bawah Bolavoli dengan Metode Lempar Bawah pada Siswa Kelas V SDN Bunutwetan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan FIK Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes, (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata Kunci: peningkatan keberhasilan servis bawah bolavoli, metode lempar bawah

 

Di dalam Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada satuan pendidikan SD kelas V Semester 2,  permainan bolavoli terdapat di dalam Standar Kopetensi 6. Mempraktekkan berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Kompetensi Dasar 6.1 Mempraktekan variasi teknik dasar salah satu nomor olahraga bola besar, serta nilai kerjasama, sportifitas dan kejujuran. Berdasarkan hasil tes awal servis bawah bolavoli  untuk siswa kelas V SDN Bunutwetan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang banyak yang  mengalami kegagalan, karena bola terlalu melambung, sehingga tidak bisa melampaui net, atau bola terlalu rendah sehingga bola menyangkut di net (jaring).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keberhasilan servis bawah bolavoli dengan menggunakan metode lempar bawah pada siswa kelas V SDN Bunutwetan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus di mana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bunutwetan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan servis bawah bolavoli dengan menggunakan metode lempar bawah pada siswa kelas V SDN Bunutwetan mengalami peningkatan. Hal ini bisa dilihat dari persentase keberhasilan siswa dalam melakukan servis bawah bolavoli setelah diberi tindakan pada siklus 2. Hasilnya, dari 25 siswa ada 25 siswa mampu melakukan gerakan yang benar pada sikap posisi kaki, posisi tubuh dan posisi tangan dengan persentase 100% dengan kategori baik, 24 siswa mampu melakukan gerakan benar pada impact bola dengan persentase 96% dengan kategori baik, 23 siswa mampu melakukan gerakan benar pada hasil pukulan yang melampaui net dengan persentase 92% dengan kategori baik.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklu 1 terjadi peningkatan tetapi masih belum memenuhi KKM, setelah dilanjutkan pada siklus 2 terjadi peningkatan dan memenuhi KKM. Disimpulkan pembelajaran servis bawah bolavoli dengan metode lempar bawah dapat meningkatkan keberhasilan servis bawah bolavoli siswa kelas V SDN Bunutwetan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Diharapkan pada saat pembelajaran bolavoli metode metode permainan ini dapat digunakan untuk dapat  menunjang keberhasilan pembelajaran teknik dasar servis bolavoli.