SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Saku Model Latihan Teknik DasarKombinasi Dribbling, Passing dan Shooting Untuk Atlet Club Bolabasket AkasaBrata Malang.

Devita Restu Anggraeni

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggraeni, Devita Restu. 2014. Pengembangan Buku Saku Model Latihan Teknik DasarKombinasi Dribbling, Passing dan Shooting Untuk Atlet Club Bolabasket AkasaBrata Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, UniversitasNegeri Malang: (1) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes. (2) Dr. Saichudin, M.Kes.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Kombinasi  Dribbling, Passing dan Shooting, Media Pembelajaran Buku Saku.

 

Ketepatan memilih suatu model latihan dipandang sangat penting, karena proses pembelajaran permainan bolabasket merupakan suatu kegiatan jasmani yang memiliki pengaruh pada diri atlet. Dalam menyusun model latihan permainan bolabasket harus memperhatikan beberapa faktor yang terkait yaitu, sarana prasarana, alokasi waktu, jumlah peserta, aturan main, metode dan gaya melatih atau mengajar yang digunakan. Berdasarkan data analisis kebutuhan diketahui bahwa, media yang dipilih oleh atlet  bola basket yaitu media pembelajaran tentang kombinasi teknik dasar dribbling, passing dan shooting bolabasket yang dikemas dalam bentuk buku saku.

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran buku saku tentang model latihan teknik dasar kombinasi dribbling, passing dan shooting bola basket untuk Club Bolabasket Akasa Brata Malang yang diharapkan dapat membantu dalam latihan.

Dalam penelitian ini, peneliti hanya menggunakan 7 langkah dari 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall untuk pengembangan media pembelajaran kombinasi teknik dasar dribbling, passing dan shooting bolabasketsebagai berikut: 1) Penelitian dan pengumpulan informasi awal atau melakukan analisis kebutuhan (need assesment) dengan cara menyebar angket yang ditujukan kepada 40 siswa peserta club bolabasket Akasa Brata Malang, (2) Perencanaan pengembangan dilakukan dengan menentukan tujuan, membatasi ruang lingkup, dan mempersiapkan rencana uji coba,(3) Pengembangan produk (persiapan rancangan produk awal, alat evaluasi berupa evaluasi ahli dengan menggunakan 1 ahli media, 1 ahli pembelajaran bola basket, dan hasil revisi rancangan produk awal berdasarkan evaluasi ahli), (4)Persiapan uji coba kelompok kecil, menggunakan 8 subjek,(5)Revisi produk pertama berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil,(6) Uji coba lapangan (kelompok besar) menggunakan 30 subjek, (7) Revisi produk sesuai hasil uji coba kelompok besar.

Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil diperoleh persentase rata-rata 88,7% dan pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase rata-rata 85,6% sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran buku saku tentang model latihan teknik dasar kombinasi dribbling, passing dan shooting bola basket untuk Club Bolabasket Akasa Brata Malang sangat jelas dan menarik untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar.

Diharapkan hasil pengembangan ini dapat diujicobakan kepada kelompok yang lebih luas dan dapat disosialisasikan kepada Club Bolabasket Akasa Brata. Selain itu, diharapkan ada penelitian selanjutnya, untuk menguji tingkat keefektifitas dari produk yang dikembangkan.