SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Saku sebagai Media Pembelajaran Peraturan Pertandingan Bolabasket untuk Pelatih SMP/SMA se-Kota Malang

NURUDIN SYAHRUL AIN

Abstrak


ABSTRAK

 

Ain, Nurudin Syahrul. 2014. Pengembangan Buku Saku sebagai Media Pembelajaran Peraturan Pertandingan Bolabasket untuk Pelatih SMP/SMA se-Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes. (II) Dr. Saichudin M.Kes.

 

Kata Kunci: Pengembangan, media pembelajaran buku saku, peraturan pertandingan, bolabasket.

 

Seorang pelatih dituntut mampu mejalani profesinya secara profesional, yakni melengkapi dirinya dengan seperangkat kompetensi pendukung yang penting, diantaranya adalah kemampuan untuk mentransfer pengetahuan kecabang olahragaannya kepada atlet secara lengkap baik dari segi teknik, taktik, maupun mental. Keseluruhan aspek tersebut tidak dapat diberikan kepada atlet secara maksimal sebelum pelatih memahami peraturan permainan cabang olahraga tersebut. Berdasarkan analisis kebutuhan diperoleh hasil bahwa buku kecil atau buku saku penuh warna yang berisi peraturan bola basket adalah media yang paling efektif dan dapat membantu dalam proses belajar tentang peraturan bolabasket.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran buku saku sebagai media pembelajaran peraturan bolabasket untuk pelatih SMP/SMA se-Kota Malang yang diharapkan dapat membantu pelatih dalam memahami tentang peraturan permainan.

Peneliti menggunakan 7 langkah yang disesuaikan dengan karakteristik yang akan diteliti dan sesuai dengan kondisi berdasarkan 10 langkah penelitian dan pengembangan yang dikemukakan Borg dan Gall, yaitu (1) Melakukan analisis kebutuhan (need assesment) untuk memperoleh informasi awal dengan cara menyebar kuesioner yang ditujukan kepada 22 pelatih bolabasket SMP/SMA se-Kota Malang, (2) Melakukan perencanaan pengembangan, (3) Pengembangan produk, (4) Persiapan uji coba kelompok kecil menggunakan 6 subjek, (5) Revisi produk pertama (berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil), (6) Uji coba kelompok besar menggunakan 16 subjek, (7) Revisi produk (berdasarkan hasil uji coba kelompok besar).

Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata persentase 84,6% dan pada uji coba kelompok besar diperoleh rata-rata persentase 92,9%. Hasil produk yang telah direvisi yaitu berupa buku saku peraturan bolabasket disertai dengan tips mini coaching dengan ukuran buku 10,5 cm x 14,8 cm, yang dicetak pada kertas HVS 80 gram.

Diharapkan produk hasil pengembangan ini dapat diujicobakan kepada subjek yang lebih luas dan dapat digunakan oleh semua pelatih, terutama pelatih baru sebagai media pembelajaran peraturan bolabasket. Selain itu, diharapkan pada penelitian selanjutnya, untuk menguji tingkat keefektifan produk yang telah dikembangkan.