SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Heading Sepakbola untuk Anak Usia 12-14 Tahun di Sekolah Sepakbola (SSB) Dial Kalipare Bersatu (DKB) Kalipare Kabupaten Malang

JHONED CHRISNA PUTRA

Abstrak


ABSTRAK

 

Putra, Jhoned Chrisna. 2014. Pengembangan Model Latihan Heading Sepakbola untuk Anak Usia 12-14 Tahun di Sekolah Sepakbola (SSB) Dial Kalipare Bersatu (DKB) Kalipare Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mulyani Surendra, M.S, (II) dr. Moch Yunus, M.Kes.

 

Kata kunci: pengembangan, model latihan, heading.

 

Heading merupakan salah satu teknik bermain sepakbola yang diajarkan di Sekolah Sepakbola (SSB) Dial Kalipare Bersatu (DKB) Kalipare Kabupaten Malang, namun dalam menguasai teknik heading siswa mengalami kesulitan, hal ini didasarkan pada temuan di lapangan. Hasil analisis kebutuhan awal dari pelatih dan siswa SSB DKB Kalipare Kabupaten Malang usia 12-14 tahun adalah mereka membutuhkan model-model latihan heading yang bervariasi. Sehingga peneliti melakukan penelitian dan pengembangan model-model latihan heading.

Tujuan penelitian adalah mengembangkan model-model latihan heading untuk meningkatkan keterampilan teknik heading bagi siswa SSB DKB Kalipare Kabupaten Malang usia 12-14 tahun.

Prosedur pengembangan mengacu pada model penelitian dan pengembangan Borg and Gall dengan mengambil 8 langkah dari 10 langkah yang ada, yaitu observasi dan pengumpulan data, mengembangkan produk, evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil, revisi produk, uji coba kelompok besar, revisi produk akhir dan menghasilkan produk akhir.

Tempat penelitian di SSB DKB Kalipare Kabupaten Malang, subyek uji coba terdiri (1) Tinjauan 2 orang ahli yaitu ahli sepakbola dan ahli kepelatihan sepakbola, (2) Uji coba kelompok kecil, (3) Uji coba kelompok besar.

Hasil evaluasi ahli sepakbola didapat persentase dengan rata-rata 95,83% sehingga produk pengembangan dapat diujicobakan. Hasil evaluasi ahli kepelatihan sepakbola didapat persentase dengan rata-rata 96,67% sehingga produk pengembangan dapat diujicobakan. Untuk uji coba kelompok kecil yang diikuti 10 siswa didapat persentase dengan rata-rata 82,14%, sehingga dapat dilanjutkan pada uji coba kelompok besar, sedangkan persentase pada uji coba kelompok besar yang diikuti 30 siswa didapat persentase dengan rata-rata 81,13%, sehingga produk dinyatakan baik dan dapat digunakan untuk pengembangan model latihan heading sepakbola untuk anak usia 12-14 tahun di SSB DKB Kalipare Kabupaten Malang.