SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning tentang Manipulasi Masase untuk Peserta Matakuliah Masase Olahraga di Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang

MUHAMMAD DWI YANTO PUTRO

Abstrak


ABSTRAK

 

Putro, Muhammad Dwi Yanto. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning tentang Manipulasi Masase untuk Peserta Matakuliah Masase Olahraga di Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang.Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes. (2)dr. Agung Kurniawan, M.Kes.

 

Kata Kunci: Pengembangan,Media Pembelajaran Mobile Learning,Manipulasi Masase Olahraga.

 

Masase Olahraga merupakan salah satu matakuliah yang tercantum dalam kurikulum pendidikan di Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan di Universitas Negeri Malang. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan juga harus memiliki media pembelajaran yang menunjang aktivitas belajar untuk mahasiswa. Media pembelajaran untuk matakuliah di Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan yang di perlukan harus sesuai dengan sarana dan prasarana yang terdapat di Fakultas dan sesuai dengan kurikulum jurusan tersebut. Masase Olahraga merupakan salah satu matakuliah yang terdapat pada kurikulum di Jurusan PJK. Matakuliah ini terdiri dari Teori dan Praktik.

Tujuan  penelitian ini yaitumengembangkan media pembelajaran masase Olahraga berupa buku digital tentang manipulasi masase olahraga. Dengan harapan buku digital tersebut dapat membantu mahasiswa maupun dosen dalam pembelajaran matakuliah Masase Olahraga dengan lebih baik. Selain itu, buku digital ini diharapkan dapat tercapainya tujuan pembelajaran yaitu peserta didik dapat mempunyai kemampuan dan keterampilan masase olahraga.

Dalam penelitian ini, peneliti hanya menggunakan 7 langkah dari 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall untuk pengembangan media pembelajaran buku digital manipulasi masase olahraga sebagai berikut: 1) Riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan dengan menyebarkan kuesioner/angket kepada30 mahasiswa PJK FIK UM(2) Perencanaan pengembangan produk, (3) Pengembangan rancangan produk, (4) Persiapan uji coba kelompok kecil, menggunakan 8 subjek, (5) Revisi produk pertama berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, (6) Uji coba lapangan (kelompok besar) menggunakan 30 subjek, (7) Revisi produk sesuai hasil uji coba kelompok besar.

Berdasarkan hasil evaluasi ahli terdapat beberapa saran antara lain: 1) Halaman pembuka atau cover dalam buku digital ini perlu adanya revisi, terkait masalah pemilihan warna, jenis huruf (font) dan penataan gambar (2) Beberapa video dijadikan satu video,(3) Sebaiknya perlu ditambahkan tanda panah diantara gambar sebagai tanda keberlanjutan gambar, (4) Beberapa foto perlu diganti diantaranya foto jari jari tangan dan kaki (5) Perlu adanya perbaikan di setiap bab seperti tambahan untuk bab penutup, (6) Perbaiki beberapa tulisan, (7) Perbaiki letak penempatan setiap bab, dan (8) Berikan penambahan tentang irama, intensitas, ulangan dan durasi waktu manipulasi masase olahraga post activity pada bab 3.

Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil diperoleh persentase rata-rata 80,9% dan pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase rata-rata 91% sehinggadapat disimpulkan bahwamedia pembelajaran buku digitalmanipulasi masase olahraga untuk peserta matakuliah Masase olahragaJurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan sangat jelas dan menarik untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar.Diharapkan hasil pengembangan ini dapatmenjadi referensimahasiswa dalam menunjang pembelajaran matakuliah Masase Olahraga.