SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan teknik lay up menggunakan metode bermain bagi peserta Ekstrakurikuler permainan bolabasket di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung

MOH INDRA KURNIA HADIPUTRA

Abstrak


ABSTRAK

 

Hadiputra, Moh Indra Kurnia. 2014. Peningkatan teknik lay up menggunakan metode bermain bagi peserta Ekstrakurikuler permainan bolabasket di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M.E. Winarno, M.Pd. (II) Drs. Agus Tomi, M.Pd.

 

Kata Kunci: Lay Up, Permainan Bolabaket, Metode Bermain.

 

Lay up menjadi salah satu teknik menembak dalam permainan bolabasket yang sering digunakan dalam mencetak score. Lay up  sendiri ada dua macam, yaitu lay up kanan dan lay up kiri. Untuk melakukan latihan lay up diperlukan tahapan-tahapan tertentu. Pada observasi awal pada peserta Ekstrakurikuler permainan bolabasket di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung mendapatkkan hasil, teknik lay up memiliki persentase kesalahan tertinggi 32%.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan teknik lay up menggunakan metode bermain bagi peserta Ekstrakurikuler permainan bolabasket di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi, dokumentasi dan catatan lapangan.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler permainan bolabasket di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan).

Setelah dilakukan perlakuan melalui 2 siklus masing-masing 3 kali pertemuan setiap siklusnya, dari 15 peserta hampir semua bisa melakukan lay up kanan dan kiri. Persentase kebenaran setelah dilakukan tindakan hampir mencapai nilai sempurna yaitu, 97% untuk lay up kanan dan 86% untuk lay up kiri. Dari hasil data mengenai tingkat keberhasilan peserta ekstrakurikuler dalam melakukan teknik lay up bolabasket yang telah diperoleh dari tindakan siklus 2, maka tujuan dari penelitian ini telah tercapai dan tidak perlu diadakan tindak lanjut pada siklus berikutnya.

Berdasarkan hasil dari pelaksanaan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan latihan lay up bolabasket dengan metode bermain dapat meningkatkan teknik lay up kanan maupun lay up kiri. Juga saran yang dapat diberikan yaitu: pendekatan metode bermain dapat digunakan untuk meningkatkan teknik lay up bolabasket, bagi pembina ekstrakurikuler permainan bolabasket, penelitian ini bermanfaat sebagai pedoman untuk menentukan dan memilih latihan yang baik dan bervariasi, Penelitian tindakan kelas ini bisa dijadikan referensi bagi peneliti yang lain untuk meningkatkan teknik lay up bolabasket dengan menggunakan metode bermain yang lebih bervariasi agar peserta tidak mudah jenuh atau bosan pada saat latihan.