SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Teknik Renang Gaya Bebas Untuk Pemula Kelompok Umur V Melalui Buku Panduan di Perkumpulan Renang Amarta Aquatic Malang.

Pratama Yudha Prawira

Abstrak


ABSTRAK

 

Prawira, Pratama Yudha. 2014. Pengembangan Model Latihan Teknik Renang Gaya Bebas Untuk Pemula Kelompok Umur V Melalui Buku Panduan di Perkumpulan Renang Amarta Aquatic Malang.Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd,M.Pd,(II) Usman Wahyudi, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci:penelitian dan pengembangan, model latihan,teknik renang gaya bebas, buku panduan

 

Renang gaya bebas adalahberenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, kedua kaki digerakkan naik turun ke atas serta ke bawah secara bergantian serta ke dua tangan bergantian mengayuhke depan.Kenyataan di lapangandalamproseskegiatan pelatihan renang di Perkumpulan Renang Amarta Aquaticdiantaranya:   (1) model latihan renang gaya bebas yang diberikan pelatih kelompok Beginner sudah baik namun kurang bervariasi, (2) pada saat latihan berenang gaya bebas, masih ada beberapa atlet yang kurang baik pada teknik dasar gerakan kaki serta gerakan lengan, (3) media yang digunakan atlet di Perkumpulan Renang Amarta Aquatic hanya 1 yaitu pelatih, (4) media untuk pelatihan yang terdapat di Perkumpulan Renang Amarta Aquatic belum ada baik media cetak maupun audio-visual.

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan model latihan teknik renang gaya bebas untuk atlet pemula kelompok umur V melalui buku panduan di Perkumpulan Renang Amarta Aquatic. Dengan adanya buku panduan, diharapkan atlet pemula memahami dan menguasai tentang teknik renang gaya bebas dengan baik dan benar serta dapat meningkatkan prestasi atlet.

Metode penelitian dan pengembangan ini  menggunakan model dari Borg dan Gall. Namun menurut Ardhana, karena disesuaikan dengan keterbatasan waktu, tenaga, biaya serta dengan karakteristik produk yang dikembangkan metode penelitian dimodifikasi sebagai berikut: (1) melakukan penelitian dan mengumpulkan data awal termasuk kajian pustaka dan analisis kebutuhan, (2) mengembangkan produk awal, (3) evaluasi 2 ahli yaitu 1 ahli media, 1 ahli pelatihan renang, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi produk berdasarkan para ahli dan uji coba kelompok kecil, (6) uji coba kelompok besar, (7) revisi produk akhir berdasarkan hasil kelebihan dan kekurangan dari produk sesuai saran dari hasil uji kelompok besar, (8) hasil akhir dari produk ini adalah buku panduan teknik renang untuk pemula.

Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil uji coba kelompok kecil, didapat persentase 86,6% dengan kriteria sangat baik, pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase 89,5% dengan kriteria sangat baik, maka produk buku panduan model latihan teknik renang gaya bebas untuk pemula dapat digunakan.

Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini, disarankan agar dilakukan uji coba secara berulang-ulang pada subyek yang lebih besar dan diharapkan dapat disosialisasikan kepada kepada pihak-pihak terkait dengan cabang olahraga renang, peneliti sendiri dan peneliti lain untuk dikembangkan ke arah lebih lanjut.