SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Variasi Gerak Dasar kedalam Modifikasi Atletik dengan Pendekatan Bermain Untuk Siswa Kelas V SDN 1 Gador Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek.

Agung Ari Wibowo

Abstrak


ABSTRAK

 

Wibowo, Agung Ari. 2014. Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Variasi Gerak Dasar kedalam Modifikasi Atletik dengan Pendekatan Bermain Untuk Siswa Kelas V SDN 1 Gador Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mardianto, M.Kes, (II) Drs. Lokananta Teguh, H. W, M.Kes.

 

Kata Kunci: aktivitas pembelajaran variasi gerak dasar atletik, peningkatan, bermain

 

Salah satu  materi pendidikan jasmani yang terdapat dalam SK dan KD semester I di Sekolah dasar kelas V adalah variasi gerak dasar atletik. Di dalam materi ini meliputi gerak dasar jalan, lari, lompat dan lempar. Berdasarkan hasil observasi dalam pembelajaran gerak dasar atletik yang dilakukan telah diperoleh temuan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani masih kurang, siswa belum terlihat aktif, dan siswa kurang bersemangat dengan pembelajaran gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran gerak dasar atletik yaitu jalan, lari, lompat, dan lempar di kelas V SD Negeri 1 Gador Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek  menggunakan pendekatan bermain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pangamatan, dan refleksi. Perbaikan pembelajaran dalam PTK ini menggunakan  permainan, “pos segitiga”, permainan “jalur pelangi”, permainan “benteng takeshi”, permainan “lempar simpai”, permainan” memindahkan bola kedalam balok kardus” dan permainan “lompat katak”. Tujuan penerapan pendekatan permainan ini adalah agar siswa kelas V SDN 1 Gador kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek lebih antusias dalam beraktivitas pada saat pembelajaran gerak dasar atletik. Dalam penelitian ini, melibatkan peneliti sebagai perancang RPP, mempersiapkan alat yang digunakan dan lembar observasi yang digunakan.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar siswa mengalami peningkatan selama siklus 1 dan siklus 2. Sebelum diadakan penelitian tingkat aktivitas siswa sebahai berikut terdapat 14 siswa (42,4%) aktif dan 15 siswa (45,5%) kurang aktif, setelah diadakannya pendekatan bermain maka: 1) pada aktivitas berjalan: terdapat 19 siswa (58%) siswa aktif  kemudian meningkat menjadi 27 siswa (82%), terdapat 4 siswa (12%) cukup aktif  menurun menjadi 2 siswa atau (6%), terdapat 9 siswa (27%) kurang aktif  menurun menjadi 3 siswa (9%). 2) pada aktivitas berlari: terdapat 12 siswa (36%) yang aktif meningkat menjadi 27 siswa (82%), terdapat 9 siswa (27%) cukup aktif menurun menjadi 4 siswa (12%), terdapat 11 siswa (33%) pada ketidak aktifan siswa menurun menjadi 2 siswa (6%). 3) pada aktivitas lompat: terdapat 14 siswa (42%) yang aktif meningkat menjadi 28 siswa (85%), terdapat 8 siswa (24%) cukup aktif menurun menjadi 3 siswa (9%), terdapat 10 siswa (30%) kurang aktif menurun menjadi 2 siswa (6%). 4) pada aktivitas lempar: terdapat 13 siswa (39%) yang aktif meningkat menjadi 28 siswa (85%), terdapat 8 siswa (24%) cukup aktif  menurun menjadi 2 siswa (6%), terdapat 11 siswa (33%) tidak aktif menurun menjadi 1 siswa (3%).

Berdasarkan hasil temuan pada penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan bermain dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran variasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar kelas V SDN 1 Gador Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek.