SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Soal Evaluasi Interaktif Mata Kuliah Softball Untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Nasiruddin Tamimi

Abstrak


ABSTRAK

 

Tamimi, Nasiruddin. 2014. Pengembangan Soal Evaluasi Interaktif Mata Kuliah Softball UntukMahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Skripsi,Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sulistyorini, M.Pd, (2) Febrita Paulina Heynoek, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: pengembangan, soal evaluasi, interaktif

 

Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan,ditemukan fakta bahwa dari evaluasi hasil belajar berupa tes tulis yang selama ini dilakukan,mahasiswa merasa kurang tertarik terhadap jenis evaluasi tersebut. Dari soal mengenai ketidak-tertarikan mahasiswa dengan pilihan jawaban evaluasi, tugas, dan kegiatan pembelajaranditemukan sejumlah (56,7%) mahasiswa menyatakan tidak tertarik pada tahap evaluasi hasil belajar, (36,7%) mahasiswa menyatakan tidak tertarik pada bagian pemberian tugas, (3,3%) mahasiswa menyatakan tidak tertarik terhadap proses pembelajaran yang dijalani, dan (3,3%)mahasiswa menyatakan tidak tertarik pada pemberian materi. Data ini didukung oleh pernyataan dosen yang dituliskan dalam kuesioner bahwa evaluasi hasil belajar yang selama ini dilakukan berupa tes lisan dan belum bervariasi.Berdasarkan analisis kebutuhan tersebut, dapat diketahui bahwa mahasiswa belum pernah mendapatkan soal evaluasi berbasis komputer, sedangkan semua mahasiswa memiliki kemampuan menggunakan komputer.Untuk itu, peneliti mengambil fokus pengembangan dari bentuk tes lisan ke dalam bentuk interaktif berbasis komputer yang diharapkan dapat menjadi suatu pembaharuan dalam hal penyajian soal evaluasi yang menarik dengan mempertimbangkan kemenarikan dan kemudahan dalam pengoperasian produk.

Darihasil analisis data validasi produk oleh ahli pembelajaran softballdiperoleh rata-rata persentase validitas 76,21% dan ahli media 66,22%. Dari hasil uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata presentase82,81% dan kelompok besar 79,53%. Data persentase di atas menunjukkan bahwa produk soal evaluasi interaktif ini memiliki tingkat validitas yang valid dengan kriteria kelayakan layak tanpa revisi. Berdasarkan hasil analisis data ini diperoleh kesimpulan bahwa produk sudah layak secara praktik sebagai salah satu bentuk soal evaluasi hasil belajar.

Saran-saran yang diajukan berdasarkan kajian produk ini meliputi saran pemanfaatan, saran diseminasi, dan saran pengembangan lebih lanjut. Saran pemanfaatan yang diajukan yaitu hendaknya produk dimanfaatkan dengan menggunakan komputer yang memenuhi spesifikasi minimalproscessorpentium 4, RAM minimal 256 Mb, OsminimalWindows 7, dan program minimal Flash Player. Saran diseminasi yaitu disebarluaskan ke ruang lingkup yang lebih luas sebaiknya produk ini dievaluasi kembali dan disesuaikan dengan sasaran yang ingin dituju baik isi maupun kemasan. Saran pengembangan lebih lanjut yaitu untuk peneliti selanjutnya sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut dan untuk subjek penelitian diharapkan lebih luas lagi.