SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KERJA TAHUNAN CABANG OLAHRAGA WUSHU INDONESIA (WI) KONI KOTA MALANG TAHUN 2012

Komar Rubianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Rubianto, Komar. 2014. Evaluasi Pelaksanaan Progam Kerja Tahunan Cabang Olahraga Wushu Indonesia (WI) KONI Kota Malang Tahun 2012. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Drs. Heru Widijoto, M. S., Pembimbing (II): Drs. Mu’arifin, M. Pd. 

 

Kata Kunci: Evaluasi, Progam Kerja, Wushu Indonesia (WI) Kota Malang

 

KONI Kota Malang memiliki beberapa cabang olahraga. Setiap cabang olahraga merupakan suatu organisasi, yaitu sebagai wadah untuk mengatur kegiatan cabang olahraga. Setiap cabang olahraga harus membuat progam kerja, rencana anggaran biaya, laporan kegiatan, dan evaluasi baik dari dalam maupun pihak luar yang nantinya diserahkan ke KONI Kota Malang. Akan tetapi hasil observasi peneliti menunjukan bahwa belum diadakan evaluasi dari pihak luar. Sehingga terdapat kesenjangan antara harapan KONI Kota Malang dengan fakta yang ada di lapangan, khususnya cabang olahraga Wushu Indonesia (WI).

Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi pelaksanaan Progam Kerja Wushu Indonesia (WI) Kota Malang tahun 2012 ditinjau dari variabel konteks (context), masukan (input), proses (process), dan produk (product). Analisis yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Data yang terkumpul diolah, dianalisis dan disajikan secara naratif dan presentase.

Hasil penelitian terkait dengan keefektifan pelaksanaan progam kerja Wushu Indonesia (WI) Kota Malang tahun 2012 ditinjau dari konsep CIPP adalah 69,06% dengan kategori baik. Evalusi dibagi menjadi empat komponen yaitu ditinjau dari konteks, masukan, proses dan produk. Tingkat keefektifan dari variabel diukur dengan tabel kriteria presentase. Adapun tingkat keefektifan dari variabel konteks yaitu 100% dengan kategori keefektifan sangat baik. Terkait dengan tujuan progam kerja, bidang kesekretariatan  memiliki tingkat keefektifan 100% dengan kategori keefektifan sangat baik. Bidang keorganisasian memiliki tingkat keefektifan 100% dengan kategori keefektifan sangat baik. Bidang pembinaan prestasi memiliki tingkat keefektifan 100% dengan kategori keefektifan sangat baik. Bidang bendahara memilikitingkat keefektifan 100% dengan kategori sangat baik. Bidang sarana dan prasarana memiliki tingkat keefektifan 100% dengan kategori sangat baaik.

 Tingkat keefektifan dari variabel masukan adalah 77,83% dengan kategori baik. Atlet memiliki tingkat keefektifan 75,51% dengan kategori baik. Pelatih memiliki tingkat keefektifan 72,73% dengan kategori baik. Bidang kesekretariatan  memiliki tingkat keefektifan 100% dengan kategori keefektifan sangat baik. Bidang keorganisasian memiliki tingkat keefektifan 90,91% dengan kategori keefektifan sangat baik. Bidang pembinaan prestasi memiliki tingkat keefektifan 86,11% dengan kategori keefektifan sangat baik. Bidang bendahara memilikitingkat keefektifan 83,33% dengan kategori sangat baik. Bidang sarana dan prasarana memiliki tingkat keefektifan 76,47% dengan kategori baik.

Tingkat keefektifan dari variabel proses adalah 67,70% dengan kategori baik. Atlet memiliki tingkat keefektifan 63,17% dengan kategori baik. Pelatih memiliki tingkat keefektifan 78,13% dengan kategori baik. Bidang kesekretariatan  memiliki tingkat keefektifan 80% dengan kategori keefektifan baik. Bidang keorganisasian memiliki tingkat keefektifan 87,50% dengan kategori keefektifan sangat baik. Bidang pembinaan prestasi memiliki tingkat keefektifan 72,22% dengan kategori keefektifan baik. Bidang bendahara memilikitingkat keefektifan 83,33% dengan kategori sangat baik. Bidang sarana dan prasarana memiliki tingkat keefektifan 88,89% dengan kategori sangat baik.

Tingkat keefektifan dari variabel produk adalah 45,40% dengan kategori cukup baik. Atlet memiliki tingkat keefek tifan 25% dengan kategori kurang baik. Pelatih memiliki tingkat keefektifan 61,11% dengan kategori baik. Bidang kesekretariatan  memiliki tingkat keefektifan 33,33% dengan kategori keefektifan kurang baik. Bidang keorganisasian memiliki tingkat keefektifan 73,33% dengan kategori keefektifan sangat baik. Bidang pembinaan prestasi memiliki tingkat keefektifan 68,18% dengan kategori keefektifan baik. Bidang bendahara memiliki tingkat keefektifan 100% dengan kategori sangat baik. Bidang sarana dan prasarana memiliki tingkat keefektifan 100% dengan kategori sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian yang dijabarkan diatas peneliti merekomendasikan Progam Kerja WI Kota Malang dapat dilanjutkan dengan beberapa aspek yang harus dibenahi sehingga pada tahun-tahun berikutnya pelaksanaan progam kerja dapat berjalan lebih baik lagi. Aspek yang perlu dibenahi pada variabel masukan (1) perlu adanya pemberian uang saku/transport selama melatih, (2) perlu adanya kritetia khusus dalam perekrutan atlet sehingga prestasi atlet yang berada di WI Kota Malang mampu mencapai hasil yang memuaskan, proses (1) diharapkan seluruh pengurus aktif berpartisipasi dalam pelksanaan Progam Kerja WI Kota Malang sehingga pelaksanaan progam berjalan maksimal, produk (1) perlu adanya perbaikan progam latihan guna memperoleh prestasi maksimal dan mendapat juara, (2) diharapkan terutama bidang organisasi agar lebih aktif dan selalu mengajak pengurus lain untuk aktif dalam pelaksanaan progam kerja Wushu Indonesia (WI) Kota Malang tahun-tahun berikutnya.