SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan buku panduan model pembelajaran dribble bola basket untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung

Rany Rospriyana

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Rospriyana, Rany. 2014. Pengembangan Buku Panduan Model Pembelajaran Dribble Bolabasket Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Universitas Negeri Malang: (1) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes. (2) Usman Wahyudi, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Dribble bolabasket, Media Pembelajaran.

 

Bolabasket merupakan olahraga beregu dimana terdapat 2 tim saling berhadapan masing-masing tim terdiri dari 5 orang pemain inti dan 5-7 orang cadangan. Permainan bolabasket memiliki banyak teknik, diantaranya dribbling (menggiring), passing (mengumpan), shooting (menembak), pivot (berporos), dan lain-lain. Untuk benar-benar memahami teknik dasar bolabasket yang baik, guru harus memiliki cara agar siswa menjadi mudah memahami materi yang disampaikan. Oleh karena itu penggunaan media pembelajaran menentukan proses pembelajaran yang berlangsung. Berdasarkan hasil observasi dan analisis kebutuhan menggunakan kuisioner pada 40 siswa, sebanyak 87,5% siswa menjawab kurang menarik dalam pembelajaran dribble bolabasket.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan buku panduan model pembelajaran dribble bolabasket untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung agar lebih menarik.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall (1983:775), langkah-langkah tersebut adalah: (1) melakukan analisis kebutuhan, (2) mengembangkan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi produk, (6) uji coba kelompok besar, (7) revisi produk berdasarkan uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket berisi tentang rancangan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase.

Produk pengembangan yang dihasilkan adalah buku panduan model pembelajaran dribble bolabasket. Spesifikasi produk pada buku panduan model pembelajaran dribble bolabasket menggunakan gaya umpan balik adalah model pembelajaran teknik dribble bolabasket yaitu Dribble crossover, Dribble diantara dua kaki, Dribble jab-step, Dribble behind the back, dan Dribble stop-n-go. Hasil dari justifikasi ahli, kebermanfaatan model pembelajaran sangat dominan karena model pembelajaran dribble bolabasket dapat mempermudah siswa melakukan dribble bolabasket, serta dengan adanya buku panduan ini dapat membantu siswa melakukan gerakan dribble bolabasket. Setelah produk pengembangan ini diuji cobakan dan mendapatkan hasil yaitu produk pengembangan ini mempunyai kemenarikan, model pembelajaran ini mudah untuk dilakukan dengan konsep langkah-langkah yang mudah dipahami.

Dalam menggunakan produk ini sebaiknya dilaksanakan seperti apa yang direncanakan  dan peran guru dibutuhkan untuk menjelaskan hal-hal yang kurang dipahami siswa. Produk ini dapat digunakan sebagai media belajar mandiri, buku panduan ini dapat dibaca dimana saja. Produk ini diharapkan dapat dijadikan referensi guru SMA Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung terkait dalam pembelajaran dribble bolabasket.