SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Permainan Bola Pilates Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan Siswa Kelas VII D SMP Negeri 4 Nganjuk

Caesar Enjang Hardini

Abstrak


ABSTRAK

 

Hardini, Caesar Enjang. 2014. Penerapan Model Permainan Bola Pilates Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan Siswa Kelas VII D SMP Negeri 4 Nganjuk. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mardianto, M.Kes  (II) I Nengah Sudjana S.pd M.Pd.

 

Kata kunci: Permainan Bola Pilates, kelentukan tubuh , guling depan

 

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan khususnya pada materi senam guling depan belum menerapkan macam-macam model permainan yang bervariasi dalam pembelajaran guling depan, oleh karena itu model permainan bola pilates yang ditengarai dapat menambah kelentukan tubuh sehingga dapat mendukung pembelajaran guling depan. Hal tersebut diperkuat oleh hasil observasisaat guru melakukan tes senam lantai guling depan dengan hasil lebih dari 50% peserta belum berhasil melakukan tes tersebut dengan baik.

Tujuan dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini untuk menigkatkan hasil belajarsenam lantai guling depan ,dengan penerapan model permainan bola pilates dapat meningkatkan hasil belajar guling depan siswa kelas VII D SMP Negeri 4 Nganjuk

Metode yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus yang terdiri 4 tahap pada setiuap siklus nyayaitu: (1) perencanaan, (2)pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah permainan bola pilates untuk meningkatkan hasil belajar siswadi SMP Negeri 4 Nganjuk

Hasil siklus pada siklus I saat melakukan awalan rata-rata prosentase siswa melakukan benar sebesar 89,2%% dan saat melakukan gerak guling depan sebesar 66,57% dan saat melakukan sikap akhir rata-rata siswa menjadi 81,58%. Hasil siklus 2 rata-rata nilai siswa melakukan sikap awalan yaitu sebesar 98,03% dan saat melakukan gerakan guling depan sebesar 93,58% dan saat melakukan gerakan akhir rata-rata sebesar 88,2%

Kesimpulan bahwa melalui permainan bola pilates dapat meningkatkan hasil belajar senam guling depan siswa SMP Negeri 4 Nganjuk.Saran peneliti ialah  Pada pembelajaran senam lantai guling depan sebaiknya guru pendidikan jasmani harus lebihvariatifmemberikan materi pembelajaran dengan permainan khususnya permainan bola pilates agar siswa tertarik dan lebih senang dalam memperhatikan materi pelajaran yang diberikan.