SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENEREPAN METODE BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN GERAK MELAYANG PADA LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA KELAS VIII H SMP NEGERI 1 TUREN KECAMATAN TUREN KABUPATEN MALANG

ADI NUR FAQIH BAROJA

Abstrak


ABSTRAK

 

Baroja, Adi Nur Faqih. 2014. Penerapan Metode Bermain Untuk Meningkatkan Gerak Melayang Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 1 Turen Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M.E Winarno, M.Pd, (II) Dr. Supriyadi, M.Kes.

 

Kata kunci: Metode Bermain, Gerak Melayang, Lompat Jauh Gaya Jongkok

 

Lompat jauh adalah suatu gerakan melompat menggunakan tumpuan satu kaki ke depan sejauh mungkin dengan tujuan mencapai jarak lompatan yang sejauh-jauhnya dan mempunyai empat unsur gerakan yaitu: awalan, tolakan, melayang, dan mendarat. Berdasarkan hasil observasi awal pada tanggal 15 November 2013 kelas VIII H SMP Negeri 1 Turen Kecamatan Turen Kabupaten Malang, diperoleh data tentang tingkat keberhasilan menguasai keterampilan gerak awalan dengan persentase sebesar 61,62%, gerak tumpuan dengan persentase sebesar 59,60%, gerak melayang dengan persentase sebesar 51,51%, dan gerak mendarat dengan persentase sebesar 68,69%.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan gerak melayang pada lompat jauh gaya jongkok dengan penerapan metode bermain siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Turen Kecamatan Turen Kabupaten Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriftif kuantitatif dan kulitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Turen.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah melakukan pembelajaran dengan metode  bermain terjadi perbaikan gerak melayang lompat jauh gaya jongkok siswa dari tiap siklusnya. Siklus 1 terdiri dari 3 pertemuan dan siklus 2 terdiridari 2 pertemuan. Tingkat keberhasilan siswa dalam mengusai gerak melayang pada siklus 1 sebesar 71,38%. Hasil dari siklus 2 menunjukkan tingkat keberhasilan siswa dalam menguasai gerak melayang sebesar 90,90%.

Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah penerapan metode bermain dapat meningkatkan keterampilan gerak melayang lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Turen. Saran berdasarkan hasil penelitian ini yaitu: (1) bagi penelitian, diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran lain yang terkait mata pelajaran Pendidikan Jasamani, dan Kesehatan (Penjas). (2) bagi guru Penjas di SMP Negeri 1 Turen agar menggunakan metode bermain dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok untuk pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan.