SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PENATALAKSANAAN PERTOLONGAN PERTAMA DAN CEDERA OLAHRAGA BAGI PENDAKI MELALUI MEDIA BUKU SAKU

Devi Ismalinda Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Devi Ismalinda. 2014. Pengembangan Penatalaksanaan Pertolongan Pertama dan Cedera Olahraga bagi Pendaki Melalui Media Buku Saku. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Asim, M.Pd., (II) Drs. Agus Tomi, M.Pd

 

Kata Kunci: Pengembangan, penatalaksanaan pertolongan pertama, cedera, pendakian, buku saku.

 

Pada setiap kegiatan pendakian mempunyai resiko terjadinya  kecelakaan, hal ini dikarenakan medan ekstrem, cuaca tak menentu, mountain sickness, dan bahaya lainnya. Berdasarkan observasi awal berupa penyebaran angket untuk analisis kebutuhan, wawancara petugas lapangan, serta observasi lapangan didapat beberapa kesimpulan bahwa (1) pendaki sering mengalami cedera olahraga saat melakukan pendakian, (2) pendaki masih sulit menangani cedera atau melakukan pertolongan pertama (3) medan di jalur pendakian cukup ekstrem dengan berbagai macam bahaya alami. Maka, pendaki sebaiknya menguasai ilmu pertolongan pertama dan penanganan cedera olahraga agar cedera dapat ditangani dengan baik.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan penatalaksanaan pertolongan pertama dan cedera olahraga bagi pendaki melalui buku saku. Diharapkan, dengan produk yang ada pendaki dapat menangani cedera dengan baik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan yang mengacu pada teori Research and Development Borg dan Gall yang telah disesuaikan dengan keadaan di lapangan. Jenis data yang berupa data kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif baik kualitatif maupun kuantitatif untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari observasi awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli, dan uji coba produk.

Produk penelitian ini adalah penatalaksanaan pertolongan pertama dan cedera olahraga bagi pendaki melalui media buku saku. Spesifikasi produk telah dinyatakan layak oleh para ahli, persentase produk yaitu materinya mudah dipahami (persentase 100%), langkah-langkah dijabarkan dengan jelas (persentase 76,96%)  dan langkah-langkah lengkap (persentase 75%), serta materi bermanfaat bagi penggunanya (persentase 75%). Spesifikasi produk menurut tampilannya yaitu gambar, tata letak, pemakaian warna, serta skemanya jelas (persentase 78,85%), menarik (persentase 77,86%), dan sesuai (persentase 76,14%).

Pada uji coba kelompok kecil produk telah dinilai dan diperoleh rata-rata persentase 84,17%, serta berdasarkan uji coba kelompok besar produk telah dinilai dan diperoleh rata-rata persentase 92,8 %. Sehingga seluruh aspek dalam pengembangan penatalaksanaan pertolongan pertama dan pertolongan pertama cedera olahraga saat pendakian dengan media buku saku ini telah memenuhi kriteria kualitas produk menurut Arikunto dan Jabar (2010:34-35) 76-100% yang bermakna “Sangat Valid (dapat digunakan tanpa revisi)”. Hasil pengembangan ini hanya terbatas pada pengembangan produk, maka diharapkan ada penelitian selanjutnya yang menguji tingkat efektivitas produk dengan uji coba pada lingkup yang lebih luas.