SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Latihan Pola Penyerangan Pada Permainan Bolabasket Melalui Buku Elektronik Untuk Ekstrakurikuler SMA

Rusydi Salam

Abstrak


ABSTRAK

 

Salam, Rusydi. 2014. Pengembangan Latihan Pola Penyerangan Pada Permainan Bolabasket Melalui Buku Elektronik Untuk Ekstra kurikuler SMA. Skripsi, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wasis Djoko Dwiyogo, M.Pd., (II) Dr. Asim, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan Latihan Pada Ekstrakurikuler Bolabasket, Materi Pola Penyerangan, Media Buku Elektronik

 

Pendidikan adalah salah satu cara yang harus ditempuh para peserta didik agar mampu mengembangkan kemampuan yang ada pada dirinya. Dalam ekstrakurikuler, terdapat latihan yang efektif dimana guru pembina atau pelatih diharapkan mengembangkan media latihan sehingga dapat mencapai tujuan latihannya. Semakin variatif media latihan yang digunakan guru pembina atau pelatih maka semakin banyak peran siswa dalam proses latihan. Salah satu media latihan yang dapat diterapkan adalah media latihan yang berbasis komputer.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan latihan bolabasket, khususnya materi pola penyerangan menggunakan media buku elektronik Sebagai Media Latihan di ekstrakurikuler SMA Negeri 2 Malang, sehingga para siswa dapat belajar materi bolabasket tanpa merasa bosan dan lebih tertarik, khususnya latihan pola penyerangan.

Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan, kemudian untuk Rancangan penelitian peneliti mengacu pada model pengembangan (research and development) Borg and Gall. Dari sepuluh langkah yang ada beberapa dimodifikasi oleh peneliti sesuai kebutuhan. Langkah-langkah yang diambil (1) Analisis kebutuhan dan observasi lapangan, (2) Pembuatan produk awal, (3) Evaluasi ahli, (4) Uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 10 subjek, (5) Revisi produk awal, (6) Uji coba kelompok besar dengan menggunakan 30 subjek, (7) Revisi produk akhir dan hasil akhir pengembangan dengan total keseluruhan sampel yang digunakan oleh peneliti dari uji kelompok kecil dan uji kelompok besar yaitu 40 siswa peserta ekstrakurikuler bolabasket.

Dari penelitian dan pengembangan serta prosedur yang dilakukan di atas, dihasilkan produk yaitu pengembangan latihan pola penyerangan bolabasket menggunakan media buku elektronik untuk ekstrakurikuler SMA: (1) Sejarah bolabasket (2) Peraturan, (3) Perwasitan, (4) Sarana dan prasarana, (5) Latihan fisik, (6) Latihan teknik (7) Taktik menyerang.

Berdasarkan hasil uji ahli, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar disimpulkan pengembangan latihan pola penyerangan bolabasket menggunakan media buku elektronik di SMA Negeri 2 Malang ini bermanfaat, menarik, dan menyenangkan. Sebagai upaya penyebarluasan produk yang telah dikembangkan ke sasaran yang lebih luas, sebaiknya produk yang telah dikembangkan ini dievaluasi kembali kemudian disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada.