SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Meningkatkan Ranah Afektif Peserta Didik Dalam Pembelajaran Gerak Dasar Lompat Tinggi Menggunakan Model Permainan Lompat dan Loncat Pada Peserta Didik Kelas V SDN Sumberagung 03 Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar

Adhitya Dwi Hertanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Hertanto, Adhitya Dwi. 2014. Upaya Meningkatkan Ranah Afektif Peserta Didik Dalam Pembelajaran Gerak Dasar Lompat Tinggi Menggunakan Model Permainan Lompat dan Loncat Pada Peserta Didik Kelas V SDN Sumberagung 03 Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Supriatna, M. Pd (II) Drs. Mardianto, M. Kes.

 

Kata Kunci: Afektif peserta didik dalam pembelajaran gerak dasar lompat tinggi, peningkatan, permainan.

 

Salah satu materi pendidikan jasmani yang terdapat dalam SK dan KD semester II di Sekolah dasar kelas V adalah gerak dasar lompat tinggi. Di dalam materi ini meliputi gerak dasar lompat yaitu awalan, tolakan, saat diudara, mendarat. Berdasarkan hasil observasi awal dalam pembelajaran gerak dasar lompat tinggiyang dilakukan telah diperoleh temuan bahwa keaktifan peserta didik masih kurang, ini dapat dilihat dari hasil afektif peserta didik yaitu: 1) Giat  hanya 10 peserta didik atau 41,70% yang masuk dalam sub indikator giat, 2) Senang hanya 8 peserta didik atau 33,40%, 3) Semangat hanya 8 peserta didik atau 33,40% yang berarti menunjukan afektif peserta didik belum terlihat maksimal, dan peserta didik kurang merasa senang dengan pembelajaran gerak dasar lompat tinggi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan afektif peserta didik dalam pembelajaran gerak dasar lompat tinggi dengan menggunakan model permainan lompat dan loncat peserta didik kelas V SDN Sumberagung 03 Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Perbaikan pembelajaran dalam PTK ini menggunakan model permainan lompat dan loncat.Tujuan penerapan pendekatan permainan ini adalah agar peserta didik kelas V SDN Sumberagung 03 lebih meningkatkan afektif pada saat pembelajaran gerak dasar Lompat tinggi. Dalam penelitian ini, melibatkan peneliti sebagai pendidik dan dua orang pendidik sejawat pendidikan jasmani yang secara kolaborasi menyusun rencana tindakan yang akan dilakukan.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa afektifpeserta didik dalam pembelajaran gerak dasar lompat tinggi mengalami peningkatan setelah. Dari variabel giat pada siklus 1 adalah 41,70% menjadi 67,60%, senang pada siklus 1 adalah 33,40% menjadi 73,62%, semangat pada siklus 1 adalah 33,40% menjadi 81,95%

Berdasarkan hasil temuan pada penelitian dapat disimpulkan bahwa model permainan “lompat tali”, “Balap karung”, “Lompat angka”, “loncat tepuk tangan”, “Kangguru melompati ranjau”,” Katak mencari harta karun”dapat meningkatkan afektifdalam pembelajaran gerak dasar lompat tinggi peserta didik kelas V SDN Sumberagung 03 Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar.