SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Tematik dalam Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan dengan Pendekatan Bermain untuk Kelas IV SD

Tri Idawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Idawati, Tri. 2014. Pengembangan Pembelajaran Tematik dalam Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan dengan Pendekatan Bermain untuk Kelas IV SD. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Dr. Wasis D. Dwiyogo, M.Pd., (II) Drs. Lokananta Teguh Hari Wiguno, M.Kes.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Pendekatan Bermain, dan Multimedia Interaktif

 

Pembelajaran tematik merupakan inovasi baru dalam pendekatan pembelajaran di SD  yang telah berkembang saat ini. Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan bersama ilmu lain membangun konsep utuh. Sejauh ini, Dinas Pendidikan  Nasional masih belum memberlakukan pembelajaran tematik ini untuk seluruh sekolah dasar di Indonesia. Hanya beberapa sekolah dasar yang terpilih yang ditunjuk untuk melakukan uji coba penerapan pembelajaran tematik. Banyak sekolah lain yang asing dengan pembelajaran tematik.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan pembelajaran tematik dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dengan pendekatan bermain untuk kelas IV SD agar dapat dijadikan alternatif  pembelajaran bagi guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan demi tercapainya tujuan KI dan KD yang telah ditetapkan.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini meliputi 7 langkah dari 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall yaitu sebagai berikut: 1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan pengembangan produk, (3) pengembangan rancangan produk, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi produk pertama berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, (6) uji coba lapangan (kelompok besar), dan (7) revisi produk sesuai hasil uji coba kelompok besar.

Hasil akhir dari kegiatan penelitian dan pengembangan iniadalah berupa pembelajaran tematik dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dengan pendekatan bermain yang dikemas dalam multimedia interaktif dengan format exe menggunakan AutoPlay Media Studio8.0.6.0.Analisis data validasi ahli media diperoleh hasil 91,25% dengan kategori sangat valid, analisis data validasi ahli pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan diperoleh hasil 79,01% dengan kategori cukup valid, analisis data uji coba kelompok kecil terhadap siswa diperoleh hasil 94,26%dengan kategori sangat valid,  analisis data uji coba kelompok kecil terhadap guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan  diperoleh hasil 91,13%dengan kategori sangat valid, analisis data uji coba kelompok besar terhadap siswa diperoleh hasil 94,41% dengan kategori sangat valid dan analisis data uji coba kelompok besar terhadap guru pendidikan jasmani diperoleh hasil 91,13% dengan kategori sangat valid.

Berdasarkan hasil analisis data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dengan pendekatan bermain untuk kelas IV SD dapat digunakan bagi guru sebagai alternatif pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan kelas IV SD.