SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Pertolongan Pertama dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Siswa SMP

Muhamad Riduan

Abstrak


ABSTRAK

 

Riduan, Muhamad. 2014. Pengembangan Multimedia Interaktif Pertolongan Pertama dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Wasis Djoko Dwiyogo, M.Pd (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd

 

Kata kunci: penelitian pengembangan, multimedia interaktif, pertolongan pertama.

 

Pertolongan pertama merupakan salah satu materi yang diberikan di Sekolah Menengah Pertama. Berdasarkan observasi awal di SMP Negeri 2 Malang, diperoleh hasil bahwa: (1) 100% siswa mendapatkan materi pertolongan pertama, (2) 87% siswa menyatakan materi pertolongan pertama diajarkan berupa teori, (3) 100% siswa mendapatkan materi dari media berupa buku LKS, (4) 100% siswa belum pernah mendapatkan materi pertolongan pertama dengan multimedia interaktif, sehingga pengembang berasumsi bahwa siswa membutuhkan multimedia interaktif khususnya untuk materi pertolongan pertama, (5) 100% siswa  menyatakan di sekolah mereka terdapat laboratorium komputer, (6) 100% siswa  menyatakan bisa mengoperasikan komputer, (7) 84% siswa menyatakan memiliki komputer di rumah, (8) guru mata pelajaran penjasorkes menyatakan bahwa sangat setuju jika dikembangkan multimedia interaktif pertolongan pertama.

Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan produk multimedia interaktif pertolongan pertama. Produk akan digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk siswa SMP.

Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Research & Development (R&D) dari Borg & Gall. Namun dengan beberapa pertimbangan maka penelitian dilakukan hanya sampai dengan delapan langkah yang terdiri dari analisis kebutuhan, pengembangan desain produk, validasi ahli, revisi produk, uji coba kelompok kecil, revisi, dan uji coba kelompok besar dan revisi akhir. Analisis data dalam penelitian pengembangan ini menggunakan analisis persentase.

Hasil pengembangan ini berupa produk multimedia interaktif pertolongan pertama yang dibuat dengan menggunakan program Autoplay Media Studio 8.0. Penyusunan multimedia interaktif ini dilakukan secara sistematis dengan berpedoman pada prinsip-prinsip pertolongan pertama.

 Produk autoplay multimedia interaktif pertolongan pertama kemudian diuji cobakan di lapangan setelah melalui proses validasi oleh para ahli. Dari hasil uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 15 siswa diperoleh nilai 84,14 % yang berarti baik. Setelah dilakukan revisi produk selanjutnya dilakukan uji kelompok besar dengan menggunakan 32 siswa diperoleh nilai 90,13 yang berarti baik sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif pertolongan pertama untuk siswa SMP dapat digunakan.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan di antaranya: guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan sebaiknya lebih kreatif dan inovatif dalam hal pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran. Hal ini karena pemanfaatan multimedia interaktif dalam proses pembelajaran akan merangsang minat siswa untuk belajar sehingga akan membantu meningkatkan percepatan proses pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari.