SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MERODA PADA SENAM LANTAI MELALUI MEDIA VCD UNTUK KELAS XI SMK NEGERI 1 TUREN

Ardilah Rokhmad Abdilah

Abstrak


ABSTRAK

 

Abdilah, Ardilah Rokhmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran Keterampilan Meroda Pada Senam Lantai Melalui Media VCD Untuk Kelas XI SMKN 1 Turen. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Purnami, M.Pd (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd

 

Kata Kunci: Pembelajaran, Senam Lantai Meroda, VCD

 

Pembelajaran pendidikan jasmani merupakan mata pelajaran yang wajib diajarkan atau diberikan di sekolah dari tingkat dasar, menengah dan sampai tingkat atas. Dalam pembelajaran pendidikan jasmani terdapat SK (Standar Kompetensi) mempraktikkan rangkaian gerak senam ketangkasan dengan konsep yang benar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Dalam SK tahun pelajaran 2013/2014 SMKN 1 Turen terdapat KD (Kompetensi Dasar) tentang mempraktikkan keterampilan gerakan kombinasi rangkaian senam lantai serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggung jawab dan menghargai teman. Senam lantai meroda juga diberikan atau diajarkan oleh guru pendidikan jasmani dan kesehatan SMKN 1 Turen, namun senam lantai meroda kurang diminati oleh siswa perempuan terlihat kurang antusiasnya mereka saat mengikuti pembelajaran senam lantai meroda. Kondisi ini didukung dengan metode yang digunakan guru kurang menarik, guru masih menggunakan buku ajar dan power point. Selain itu kurang termanfaatnya fasilitas sekolah seperti LCD sehingga pembelajaran menjadi kurang maksimal dan didukung dengan tidak ada media video untuk merangsang minat siswa untuk antusias menyimak pembelajaran, maka perlu adanya pengembangan pembelajaran keterampilan meroda melalui media video.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan : (1) untuk mengetahui validitas media VCD pada materi senam lantai meroda  bagi kelas XI SMKN 1 Turen, (2) untuk mengembangkan pembelajaran keterampilan  meroda  pada senam lantai melalui media VCD.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg and Gall. Dari sepuluh langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall, peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah yang meliputi: (1) pengumpulan informasi, (2) rancangan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) revisi I rancangan produk, (5) uji coba tahap I, (6) revisi II dan uji coba tahap II, (7) revisi dan produk akhir. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner, (8) produk di kemas dalam bentuk VCD. Peneliti memodifikasi prosedur penelitian Borg and Gall dengan alasan pertimbangan waktu, tenaga dan biaya yang terbatas.

Berdasarkan analisis data ahli  pembelajaran diperoleh hasil 81,82% dengan kriteria cukup valid, ahli senam 80,56% dengan kriteria cukup valid dan ahli media 82,61% dengan kriteria cukup valid. Untuk hasil analisis data uji  coba kelompok kecil di dapat hasil 88,01% dan 85,69% hasilnya sangat valid sedangkan pada uji coba kelompok besar didapatkan hasil sebesar 86,11% dan 87,06% hasilnya sangat valid.

Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan semua data dari ahli pembelajaran, ahli senam, ahli media, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar dapat disimpulkan bahwa pembelajaran keterampilan meroda pada senam lantai melalui media VCD dapat digunakan untuk kelas XI SMKN 1 Turen. Pengembangan pembelajaran keterampilan meroda pada senam lantai melalui media VCD ini diharapkan: (1) produk ini sangat praktis untuk digunakan karena berupa VCD, jadi mudah dibawa dan digandakan untuk kepentingan belajar, terutama dalam pembelajaran  meroda pada senam lantai. (2) Siswa lebih antusias dan  tertarik dalam proses pembelajaran, hal ini terjadi karena produk yang digunakan sangat menarik, sebab pada tampilannya yang banyak menyajikan warna-warna font, adegan  senam lantai, suara narator, dan  musik pengiring, sehingga akan merangsang minat siswa untuk antusias menyimak pembelajaran. Pengembangan pembelajaran keterampilan meroda pada senam lantai melalui media VCD  ini diharapkan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, khususnya pada senam lantai meroda. Selain itu, dengan dikembangkannya VCD meroda ini diharapkan siswa menjadi lebih tertarik dalam menyimak materi pembelajaran khususnya pada senam lantai meroda dengan harapan materi yang disajikan lebih mudah untuk dipahami.